Sukamenak Garap Desa Wisata Secara Swadaya

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, DARMARAJA- Masyarakat Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja melibatkan seluruh warga di 17 RT mulai mengerjakan kegiatan fisik ‘Desa Wisata Bendungan Jatigede’. Pembuatan jalan di bibir pantai bendungan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 1,5 meter mulai dikerjakan secara bertahap pada Minggu (14/2).

Kepala Desa (Kades) Sukamenak Wawat Suwati menyebutkan, pada Kamis (11/2) sudah melakukan pengukuran untuk rencana jalan tersebut yang terhubung dari Ciputat sampai Sagaramunjul, wilayah Dusun Pasirlempah. “Sabtu besok kita patok dan hari Minggu mulai kita kerjakan dulu dari jalan setapak,” sebut Wawat pada Jumat (12/2).

Dia menjelaskan, pengerjaan sepanjang 1.200 meter itu nantinya dibagi untuk 17 wilayah RT. “Sehingga semua warga masing-masing RT kebagian secara bergiliran,” tandasnya.

Lantaran mengandalkan swadaya, maka target selesai pengerjaan tergantung situasi dan kondisi di lapangan nanti. “Desa juga ikut menganggarkan tapi hanya stimulan, dalam program padat karya tunai (PKT). Dari APBDes untuk upah perangsang,” jelas Wawat.

Sebenarnya rencana itu sudah muncul sejak 2017 lalu. Namun hingga kini baru muncul titik terang realisasinya.

Wawat menambahkan, pengerjaan sekarang dimulai dari nol dan sudah tercatat dalam visi-misi kampanye sebelum menjabat kades. “Intinya ingin Desa Wisata Bendungan Jatigede,” tutup Kades. (tri).