Guru SD di Sumedang Diberi Pelatihan TIK

oleh -
Sejumlah Guru SD saat mengikuti pelatihan TIK oleh PGRI Sumedang di Gedung KGS, Senin (15/2).

RADARSUMEDANG.ID – Minimnya pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kalangan para guru terutama guru SD, telah memaksa PGRI Kabupaten Sumedang mengambil langkah berupa pelatihan (Diklat) TIK bagi para Guru.

Ketua Panitia Pelatihan TIK PGRI, Affendi mengatakan bahwa diklat yang akan berlangsung selama tiga hari sengaja dilakukan guna meningkatkan penguatan eksistensi guru di masa Covid 19.

Diklat juga dilaksanakan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah Kabupaten Sumedang.

Adapun materi yang diberikan bagi tenaga pendidik itu diantaranya, tentang pembelajaran berbasis kasih sayang, metode pembelajaran di era pandemi hingga materi tentang aplikasi google suite for education.

“Sasaran kegiatan ini adalah para guru SD yang diharapkan membantu dalam penerapan TIK dan pengembangan di PGRI cabang masing-masing,” kata Affendi di sela kegiatannya di Gedung KGS, Jalan Kartini, Senin (15/2).

Sementara, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, Guru sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa sehingga mempunyai peran penting dalam perkembangan TIK.

“Guru menjadi contoh dalam penggunaan TIK di sekolah. Guru juga harus bijak dan teladan bagi siswa, sehingga mengurangi penyalahgunaan teknologi bagi siswa sekolah,” kata Dony.

Menurutnya, pelatihan TIK ini sangat bermanfaat bagi guru terutama peserta pelatihan tahun ini merupakan guru SD.

“Pemanfaatan TIK bisa mempermudah serta mempercepat sarana belajar mengajar di saat pandemi ini. Bentuk pelatihan ini bisa meningkatkan kompetensi serta kualitas tenaga pendidik. Jika gurunya berkualitas maka murid yang dihasilkan akan berkualitas juga,” ujarnya. (jim)