Jika Dioptimalkan, Cibugel Bisa Jadi Kawasan Wisata Unggulan

oleh -
Wisata : Dengan nuansa alam yang sejuk, wilayah Kecamatan Cibugel dinilai berpotensi menjadi kawasan wisata unggulan

RADARSUMEDANG.ID, CIBUGEL – Potensi alam di wilayah Kecamatan Cibugel harus bisa dioptimalkan untuk menjadi kawasan wisata unggulan. Sejumlah spot wisata dengan berlatar belakang nuansa alam telah dibangun dan menghadirkan potensi baru untuk pengembangan wisata, diantaranya kawasan Dunia Pangangonan (Dupang) di Desa Jayamandiri, kolam Balong Geulis dan perkebunan teh di Desa Jayamekar.

Praktisi wisata yang juga pemilik Balong Geulis, Dadang Romansyah, mengakui kondisi alam Cibugel begitu potensial untuk dikembangkan parawisata. Baik wisata alam terbuka, kolam renang dan agrowisata.

“Kini mulai bermunculan tempat-tempat yang dijadikan spot wisata. Ternyata setelah diamati tidak kalah dengan tempat wisata yang sudah ada di Sumedang. Bahkan di Cibugel bisa dibilang wisata kelas premium,” ujar Dadang, Rabu (17/2).

Dadang mengatakan, banyaknya potensi tersebut, diharapkan menjadi modal dalam mengembangkan wilayah Cibugel sebagai tujuan wisata. Secara geografis, tambah Dadang, Cibugel ada di dataran tinggi. Hawa yang sejuk dan alam yang masih indah akan menjadi daya tarik. Selain itu, di Cibugel, yang pedesaan justru bisa menarik minat pengunjung untuk menikmati suasana desa.

“Ketika banyak potensi yang bisa dikembangkan bisa diintegrasikan oleh semua pihak. Jadi kalau wisata berkembang dampaknya akan dirasakan masyarakat Cibugel itu sendiri,” ucapnya.

Ia mencontohkan, meski belum lama berdiri, kolam Balong Geulis bisa menjadi magnet pengunjung dari berbagai wilayah bahkan dari luar Sumedang. Namun karena pandemi, kunjungan pun dibatasi.

“Kami bisa memberdayakan warga untuk bekerja di tempat wisata. Mudah-mudahan pandemi berkahir, sehingga sektor wisata kembali bergairah,” ucapnya.

Namun demikian, kata dia,banyaknya potensi wisata berbasis alam di Cibugel, idealnya didukung dengan infrastruktur jalan wisata yang memadai. Dadang mengakui, insfratruktur jalan ke wilayah Cibugel masih banyak yang rusak. Kondisi ini akan menghambat tingkat kunjungan wisata ke wilayah Cibugel.

“Bergeraknya sektor wisata sangat dipengaruhi oleh kondisi insfrastuktur jalan. Maka kami berharap pemerintah daerah bisa membangun insfratruktur yang baik untuk berkembangnya sektor wisata,” katanya. (gun)