Dibekuk Lantaran Bawa Sabu, Walaheng Ngaku Dijebak Temannya

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Solahudin Mamduh alias Walaheng tak berkutik saat dibekuk Satuan Reserse Narkoba Polres Sumedang di pinggir jalan Perum SBG Blok A 5 RT 03 RW 14 Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Jumat (12/2/2021) lalu.

Walaheng ditangkap karena kedapatan membawa dua paket kecil narkoba jenis sabu di dalam saku jaketnya.

“Saya dijebak sama teman, disuruh beli sabu ke orang yang namanya Adit (DPO),” katanya, saat konferensi pers pengungkapan tindak pidana penyalahgunaan narkoba dan psikotropika, di Aula Tribrata Polres Sumedang, Senin (22/2/2021) pagi.

Warga Sukabumi itu mengaku paket sabu yang dibawanya itu milik temannya yang bernama Heri, yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Saya beli sabu COD (cash on delivery)an sama Adit di Alun-alun Majalaya, itu titipan Heri,” ujar Walaheng, yang berprofesi sebagai sopir dump truk.

Ia pun mengaku kapok karena kini harus mendekam di penjara dan terancam hukuman 5 hingga 20 tahun penjara. Ia mengaku baru kali ini berurusan dengan narkoba.
“Saya kapok, tapi mungkin ini memang harus seperti ini jalannya. Kalau tidak mungkin saya lebih parah lagi,” ujarnya.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, berdasarkan hasil interogasi dan penyidikan, Walaheng merupakan kurir narkoba jenis sabu.
Selain Walaheng, Satres Narkoba Polres Sumedang juga berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkoba jenis sabu lainnya. Mereka bernama M. Jyo alias Kaka, yang diamankan di depan SPBU Ciromed, Tanjungsari pada 17 Februari. Dari tangan Jyo polisi mengamankan barang bukti sebanyak 24 paket kecil sabu.

“Tersangka lainnya yang kami tangkap adalah Herlan Herdiadi alias Elan. Tersangka diamankan di rumahnya Dusun Ujungjaya Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya pada pada hari Kamis tanggal 18 Februari 2021, sekira pukul 17.45 WIB,” ujarnya.

Dari tangan Elan, polisi mengamankan barang bukti sabu tiga paket kecil sabu.
“Berdasarkan hasil interogasi, semua tersangka yang kami amankan ini merupakan kurir narkoba jenis sabu, yang akan diedarkan di wilayah Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Kata Kapolres, dari tiga tersangka itu polisi mengamankan barang bukti diantaranya sabu sebanyak 31 paket kecil, dengan berat kotor 21,57 gram, jaket, dan sejumlah HP.

“Kini kami masih melakukan pengejaran kepada para pemilik sabu tersebut, yang didiga berasal dari wilayah Bandung,” katanya.

Atas perbuatannya itu para tersangka dijerat Pasal 114 dan atau 112 dan atau 127 KUHP, dengan ancaman hukuman selama lima hingga 20 tahun penjara. (gun)