Acara Hajatan di Cisarua Dibubarkan Paksa

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang melalui Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan (Gakumlin) membubarkan paksa kegiatan resepsi pernikahan yang digelar oleh warga di Desa Cisarua, Kecamatan Cisarua pada Minggu (28/2).

Dikonfirmasi, Koordinator Bidang Gakumlin Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Yan Mahal Rizzal membenarkan akan hal itu.

“Iya betul kami melakukan pembubaran kepada kegiatan masyarakat yang mengadakan hajatan dengan hiburan (tanpa rekomendasi hiburan dan izin keramaian )di wilayah kecamatan Cisarua,” kata Rizzal dihubungi via sambungan WhatsApp, Minggu (28/2).

Adapun dikatakan Rizzal, pada saat petugas gabungan mendatangi tempat hajatan nikahan, ditemukan adanya hiburan (dangdutan) tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

“Di lapangan petugas menemukan hiburan tanpa jarak dan ada pula yang tidak menggunakan masker. Setelah ditanyakan rekomendasi hiburan dan izin keramaian, yang bersangkutan tidak bisa menunjukan rekomendasi atau izin rame-rame. Kemudian juga terpantau adanya kerumunan dan tidak ada jarak makan kepada pemangku hajat,” ujarnya.

Sadar akan melanggar aturan, penanggung jawab acara akhirnya bersedia disanksi dengan membayar denda administratif sebesar Rp.300.000. “Dapat kami pastikan, petugas juga menghentikan kegiatan dangdutan,” imbuh Rizzal. (jim)