Empat Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Polisi

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Polres Sumedang meringkus empat orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dalam Operasi Jaran (kejahatan kendaraan) Lodaya 2021. Keempat pelaku yang berhasil ditangkap masing-masing berinisial YH, CP, HS, dan AC.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, dari empat pelaku yang ditangkap, satu pelaku yang berinisial YH merupakan ‘pemain lama’.

“Satu pelaku (YH) merupakan residivis. Dia melakukan pencurian pada tahun 2016, dan alhamdullilah telah berhasil kami amankan dalam operasi Jaran Lodaya 2021 ini,” kata Kapolres, saat pres rilis Operasi Jaran Lodaya 2021 di Aula Tri Brata Polres Sumedang, Kamis (4/2/2021).

Selain pada tahun 2016, para pelaku melakukan pencurian pada tanggal 22 Februari, dan dua kejadian pada 24 Februari 2021. Adapun aksi pencurian dilakukan yakni di halaman Masjid Al-Ikhlas Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, Jl. Raya Jatinangor, dan dua TKP di wilayah Kecamatan Cimanggung.

Dikatakan Kapolres, wilayah Kecamatan Cimanggung, Jatinangor, dan Tanjungsari merupakan kawasan pendidikan dan industri, sehingga menjadi wilayah sasaran aksi curanmor.

“Wilayah Cimanggung, Jatinangor dan Tanjungsari banyak lembaga pendidikan, sehingga banyak kos-kosan. Demikian juga banyaknya perusahaan di sana. Sehingga target para pelaku tindak pidana pencurian kendaraan itu terfokus pada wilayah kecamatan – kecamatan tersebut,” tuturnya.

Modus para pelaku, kata Eko, mencuri kendaraan yang sedang diparkir, dan memanfaatkan kelengahan pemiliknya.
Dari tangan para pelaku polisi mengamankan barang bukti diantaranya 4 unit motor berbagai merk, kunci leter T, obeng kembang, pisau cutter, dan STNK motor.

“Ada STNK asli milik korban yang saat kejadian disimpan di bagasi motornya. Oleh karena itu kami mengimbau pemilik kendaraan jangan menyimpan surat-surat kendaraan di bagasi motor,” ucapnya.

Polisi menjerat para pelaku curanmor itu dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman selama 7 tahun penjara. (gun)