Musim Hujan Berkah Bagi Penjual Jamur

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon tepatnya di tunggul hideung. Pasalnya, jamur alami yang tumbuh dikebun atau dihutan itu dimanfaatkan masyarakat untuk dijual.

Konon, jamur tersebut banyak disukai orang-orang, karena memiliki rasa khas gurih setiap kali dimasak dan dimatangkan.

Salah seorang penjual jamur Maman (52) mengaku sudah puluhan tahun menjajakan jamur dipinggir jalan yang didapatnya dikebun dan dihutan.

“Jamur-jamur ini biasa tumbuh ketika musim hujan, sehingga dimanfaatkan oleh warga termasuk saya untuk dijual, karena banyak juga yang suka dengan jamur ini,” ucap Maman warga Gunung manik Kecamatan Tanjungsari.

Maman mengaku, untuk mencari jamur itu dirinya harus menyusuri kebun-kebun yang biasanya masih diselimuti embun, setelah jamur dikumpulkan, ia menjualnya kepada para pengendara.

“Biasanya keluar rumah sekitar 05.00 WIB pagi, kalau lagi bagus jam 10.00 WIB sudah pulang dan membawa jamur, kalau tidak bagus bisa sampai seharian,” ucapnya.

Ia mengaku, ada beberapa jenis jamur yang biasa ia peroleh seperti jamur bulan, jamur rampak dan jamur tanduk.

“Jamur-jamur tersebut saya bungkus pake kantong plastik disesuaikan besar kecilnya, kalau yang besar cukup satu saja, kalau kecil satu kantong bisa dua jamur,” ucapnya.

Maman menambahkan, jamur yang sudah dibungkus plastik itu dibandrol dengan harga Rp25 ribu dalam setiap harinya selalu menjual 8 sampai 10 kantong.

“Biasa berjualan sekitar pukul 12.00 WIB bisa sampai sore bahkan malam, Alhamdulillah setiap harinya selalu habis,” tutupnya.

Ia menjelaskan, memasak jamur itu tidak terlalu sulit dan cukup mudah, bahan utamanya bawang, garam dan merica.

Perlu diketahui, Jamur bisa menjadi pilihan menu makanan atau camilan bagi penyintas diabetes. Sebab, sayuran ini rendah kalori. Selain itu, ada sejumlah kandungan lain di balik jamur yakni Rendah indeks glikemik, mengandung vitamin b, Polisakarida dan dapat menurunkan peradangan dan sumber serat.(tha)