Ahli Waris Korban Longsor Cimanggung Dapat Santunan Biaya Pemakaman

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, CIMANGGUNG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sumedang serahkan santunan dana penguburan sebesar 2 juta rupiah kepada masing-masing ahli waris korban longsor Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung.

Penyerahan bantuan kepada 40 orang korban meninggal yang diterima secara langsung oleh ahli waris itu berlangsung di aula Kecamatan Cimanggung.

“Penyerahan bantuan secara langsung diterima ahli waris dengan nilai bantuan masing-masing Rp 2 juta,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Sumedang Iwan Hermawan belum lama ini.

Selain itu, Iwan juga menyampaikan kepada semua ahli waris saat mengajukan bantuan sembako harus sesuai prosedur dengan membawa dokumen atau surat dari pemerintahan desa masing-masing.

“Pihak BPBD tidak mempersulit bantuan yang dikeluarkan tetapi harus jelas melalui prosedur yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Untuk korban yang meninggal dunia dalam penyaluran bantuan ada koordinatornya. Jadi tidak masing-masing keluarga korban yang memohonkankan bantuan.

Beberapa kebijakan dengan pengeluaran logistik bagi korban bencana salah satunya penyeleksian logistik jangan sampai ada yang sudah expare.

“Logistik dikeluarkan tidak hanya bagi korban longsor yang meninggal tetapi bagi korban yang luka,” tutupnya. (tha).