Lagi-lagi Jalan Pangkor Dilanda Banjir

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Untuk kesekian kalinya Jalan Pangeran Kornel Sumedang dilanda banjir, Senin (8/3) sekitar jam 17.30 WIB.

Lokasi banjir tepat di depan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dan menjadi lokasi terparah.

Pantauan Radar Sumedang, banjir terjadi akibat intensitas hujan tinggi sehingga membuat saluran air meluap hingga ke jalan utama.

Akibatnya arus lalu lintas dari kedua arah baik menuju arah Bandung maupun Sumedang mengalami kemacetan.

Tak sedikit kendaraan roda dua pun mogok akibat memaksakan diri menerobos banjir seukuran lutut orang dewasa itu.

Tampak petugas dari BPBD Kabupaten, PMI, para Relawan, TNI-POLRI dan warga setempat berjibaku mengeruk saluran air di depan Dinas Pertanian yang menjadi titik banjir.

Genangan air juga sampai masuk ke areal kantor Dinas Pertanian hingga beberapa orang karyawan yang masih berada di kantor harus bahu membahu mengatasi genangan air.

Petugas gabungan juga berupaya mengeruk material timbunan yang menyebabkan penyempitan gorong-gorong tersebut dengan alat seadanya. Namun tampak pompa air juga disiagakan.

Salah seorang warga setempat, Panji Nugraha (28) mengatakan, banjir terjadi akibat luapan air dari Lingkungan Sindangpalay, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan.

“Luapan air sudah terlihat sejak sore hari saat hujan deras. Hingga akhirnya menggenangi jalan mulai dari pangkalan ojek Sindangpalay sampai depan Hotel Kencana,” ucap Panji di lokasi banjir.

Menurutnya luapan air terjadi akibat sempitnya gorong-gorong di sekitar depan kantor Dinas Pertanian.

“Iya ini sering terjadi dari dulu. Penyebabnya gorong-gorong yang didepan Dinas Pertanian. Pernah ada upaya perbaikan tapi enggak tau kenapa sekarang kayak gini lagi, mohon secepatnya kepada Pemerintah supaya turun tangan,” ujarnya.

Adapun banjir surut sekitar jam 19.20 WIB setelah petugas berhasil mengeruk material yang menutupi gorong-gorong. (jim)