Terkait Program Panas Bumi di Gunung Tampomas, GRETGET Ngadu ke DPRD Sumedang

oleh -
Istimewa

RADARSUMEDANG.ID – Puluhan warga perwakilan dari Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Conggeang  yang mengatasnamakan Gerakan Relawan Tolak Geothermal Tampomas (GRETGET) mendatangi kantor DPRD kabupaten Sumedang. Rabu, (10/3).

Kedatanagan mereka adalah untuk menyampaikan keluhan kepada Ketua DPRD Sumedang atas terbitnya surat permohonan Bupati Sumedang kepada Menteri ESDM tentang pemilihan lokasi program eksplorasi panas bumi oleh pemerintah di wilayah gunung Tampomas berdasarkan ranking yang telah ditetapkan Badan Geologi.

Koordinator GRETGET, Eme mengatakan dari imbas terbitnya Perda No. 4 Tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah kabupaten Sumedang 2018 sampai dengan 2038. Pasal 17 poin A tentang pengembangan jaringan prasarana energi panas bumi Gunung Tampomas meliputi kecamatan Conggeang kecamatan Buahdua dan kecamatan Tanjungkerta.

“Warga ketakutan dengan adanya program pemerintah Sumedang tersebut dengan banyaknya kejadian seperti yang terjadi di Mandailing Natal banyak warga meninggal dan puluhan orang keracunan gas panas bumi juga meledaknya sumur geothermal di Dieng,” ujar Eme saat menyampaiakan keluhannya di Sekertariat DPRD Kab Sumedang.

Kemudian Nana Juhana (41), warga desa Sekarwangi kecamatan Buahdua menyesalkan atas terbitnya permohonan Bupati Sumedang tersebut. menurutnya banyak sekali aspek merugikan bagi warga di wilayah pemilihan lokasi tersebut.

“Terutama aspek sosial warga harus pindah tempat tinggal mencari lahan baru untuk bertani dan berkebun, sementara berkebun butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan hasil berkebun. misalkan buah melinjo, rambutan, durian dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra menyambut baik kedatangan warga yang ingin beraudiensi ke DPRD Sumedang. Ia pun menerima aspirasi warga dan akan segera menindaklanjuti aspirasi tersebut.

“Insya Allah aspirasi warga ini akan kita tindak lanjuti, mudah-mudahan ada jalan terbaik,” ucapnya. (Isl).

Berikut Isi Tuntutan GRETGET :

1. Pemerintah kabupaten Sumedang agar tidak menindaklanjuti program eksplorasi geothermal.

2. Merevisi Perda No. 4 Tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah kabupaten Sumedang 2018
sampai dengan 2038.

3. Menghapus Pasal 17 poin a ” tentang Pengembangan jaringan prasarana energi panas bumi gunung Tampomas meliputi kecamatan Conggeang kecamatan Buahdua dan kecamatan Tanjungkerta.