Pemuda Mabuk Ini Nekat Mencuri Tabung Gas Untuk Beli Minuman

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Seorang pemuda mabuk ditangkap warga karena kedapatan mencuri tabung gas dari sebuah warung di Burujul RT 3 RT 16, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (14/3) siang. Pemuda tersebut berinisial AM (19), diketahui merupakan warga Paseh.

Pemilik warung, Ridwan Syarifudin (34) menuturkan, aksi AM mencuri tabung gas berhasil digagalkan warga setempat. Dikatakan, tabung gas yang akan dicuri disimpan di samping warung. “Tabungnya diluar, tidak terlihat sama yang lagi tunggu, saya posisi di dalam rumah,” ucapnya.

Dikatakan, aksi AM mencuri tabung gas tergolong nekat karena dia melakukan aksinya saat kondisi di sekitar warungnya lagi banyak orang di luar rumah. “Waktu lagi ngambil gas ada warga yang lihat, terus diteriakin maling,” ujarnya.

Setelah diketahui warga, kata dia, maling tersebut langsung mengembalikan gas yang sudah diambil, kemudian warga setempat spontan mengejar hingga akhirnya berhasil ditangkap.

“Saat itu emang lagi banyak orang, pelaku lagi mabuk. Pas ngambil gas sekitar 2 meter kepergok warga, terus dikembalikan lagi kesini,” katanya.

Akibat aksi pencurian itu, kata dia, pelaku sempat dipukuli oleh warga yang juga teman AM, dan langsung dibawa ke rumah ketua RW hingga akhirnya diserahkan ke pihak kepolsiain Polsek Sumedang Selatan, yang datang ke lokasi kejadian.

“Dia bukan orang sini, kalau kesini lagi maen ke rumah temannya. Jadi dipukul sama temannya karena, katanya malu-maluin,” ucapnya.

Ketua RW 06 Darus Rusmana, mengatakan, pelaku sempat diamankan ke rumahnya supaya dia tidak sampai dihakimi oleh masa.

“Kebetulan disini juga ada aparat kepolisian, saya panggil kesini untuk penanganan selanjutnya karena dia lagi mabuk dan tidak membawa identitas,” kata Darus.

Bahkan, pihaknya juga menggeladah badan pelaku untuk mencari identitasnya, namun saat digeledah, pihaknya malah menemukan dua Lem Aibon dan pelaku juga mengaku mengkonsumsi 15 obat batuk cair.

“Karena disini kebetulan ada polisi, langsung pelaku dibawa ke Mapolsek Sumedang Selatan,” ucapnya.

Sementara saat ditemui di Mapolsek Sumedang Selatan, AM mengaku merupakan warga Kecamatan Paseh dan mengakui akan mencuri tabung gas tersebut.

“Iya (mencuri), uangnya buat mabuk lagi, saya setiap hari mabuk,” kata pelaku yang saat itu masih tampak belum normal.

Namun, aparat kepolisian dari Polsek Sumedang Selatan enggan memberikan keterangan resmi terkait penangkapan pemuda mabuk yang gagal mencuri tabung gas tersebut.
“Korbannya tidak laporan karena tidak merasa dirugikan, jadi diproses kekeluargaan,” kata seorang anggota polisi. (agn)