Erwan : Jangan Sampai Salah Refocusing Anggaran

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan meminta segenap jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sumedang agar lebih teliti dalam menyusun skala prioritas program.

Pasalnya, Erwan mewanti-wanti dengan adanya refocusing anggaran untuk belanja kesehatan.

Menurutnya, untuk mencapai pembangunan yang diharapkan, SKPD perlu menyusun skala prioritas program di masing masing. Sehingga hal ini dirasa perlu dilakukan agar tidak ada kegiatan penting yang terdampak refocusing anggaran.

“Jangan sampai salah me-refocusing, yang belum tentu bisa kita laksanakan dipertahankan. Sementara kegiatan yang sudah dan sedang kita laksanakan di-refocusing. Jangan sampai seperti itu, karena imbasnya langsung pada kesejahteraan masyarakat,” tegas Erwan saat memimpin rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Triwulan I Tahun Anggaran 2021, di Pendopo IPP Setda, Selasa, (16/3).

Disamping itu pula, ia meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan seluruh SKPD sebelum dilakukan refocusing, sehingga kegiatan utama di tiap SKPD dapat diidentifikasi.

“Komunikasikan dengan SKPD karena yang tau mana yang harus di refocusing itu adalah dinasnya masing masing. Jadi harus betul-betul dikomunikasikan dan ada argumentasi yang jelas,” ujarnya.

Lebih lanjut selama Triwulan ke I ini sambungnya Pemerintah lebih fokus dalam penanganan pandemi Covid-19, sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. (jim)