Menanam Pohon Solusi Mengantisipasi Musibah Banjir

oleh -

SUMEDANG – Prihatin terhadap musibah banjir terjadi diseluruh wilayah di Indonesia yang disebabkan salah satunya kurangnya penyerapan air melalui lahan hijau. Membuat PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) melakukan penanaman 1.000 bibit pohon.

Penanaman pohon tersebut dilakukan WOM Finance Kantor Cabang Sumedang di wilayah Tanjung Suriat, Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu – Sumedang, dalam rangkaian hari jadi WOM Finance yang ke-39 tahun.

Branch Head WOM Finance Kantor Cabang Sumedang, Yaparis Sihombing mengatakan pihaknya selalu berkomitmen menjadi perusahaan yang semakin peduli dengan lingkungan hidup. Khususnya, ekosistem pohon yang semakin berkurang karena penebangan.

“Bibit pohon yang ditanam yakni bibit mahoni, alba, manglid, ketapang, mangga, alpukat, jeruk dan kelengkeng irian. Karena masih dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat tanpa melibatkan kerumunan massa,” ucapnya. Rabu (17/03).

Ia menambahkan, jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan  bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor atau erosi.

“Intinya sayangi alam, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita,” tambahnya.

Menurutnya, program penanaman pohon  memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya. Selain itu program ini juga sejalan dengan semangat WOM Finance yang mendukung program Go Green di lingkungan kerja.

“Selain itu dengan banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor dan lingkungan lainnya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, WOM Finance mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan penanaman total 10.000 bibit pohon. Kegiatan ini dilaksanakan serentak menjelang perayaan HUT di 9 kota, yaitu Jakarta, Cibinong, Sumedang, Magelang, Madiun, Bagan Batu, Palembang, Banjarmasin dan Ciputat.

Selain aksi penanaman 1.000 pohon di setiap kota, dalam menyambut HUT nya, WOM Finance juga melaksanakan kegiatan CSR lainnya, yaitu renovasi Posyandu dan pemberian bantuan sosial pandemi Covid-19 di 39 Kecamatan zona merah. (tha).