Bupati Hadiri Acara Kompetisi Game Online di Tomo

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Untuk pertama kalinya sebuah ajang kompetisi E-sports digelar di sebuah kecamatan di Sumedang. Mereka merupakan para kaula muda dari Desa Darmawangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Ya, Kompetisi ini dinamakan Piala Sawargi E-Sport 2021 bertajuk “E Sport Is Industry of The Future”. Bahkan ajang kompetisi ini dibuka langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir di Aula Desa Darmawangi Kecamatan Tomo, Sabtu, (20/3) kemarin.

Menurut Plt. Camat Tomo, Yoyo Marian, even yang sudah berlangsung selama tiga hari ini telah digelar selama tiga hari mulai tanggal 17-20 Maret 2021.

Ajang kompetisi bagi para penghobi game online ini diikuti sebanyak 64 peserta yang terdiri dari tingkat SMA dan mahasiswa. Para peserta tersebut sudah diseleksi dan saat ini sudah memasuki babak perempat final.

Esport, kata Yoyo, saat ini telah diakui secara resmi sebagai salah satu cabang olahraga yang masuk kualifikasi Asian games oleh Kemenpora sejak tahun 2018 dan dinaungi oleh Pengurus Besar Esport (PB Esport) Indonesia.

“Tentunya kami berharap ini menjadi cikal bakal munculnya para gamer profesional yang tidak hanya membanggakan daerah tapi juga dapat berjaya di tingkat kabupaten, nasional maupun internasional,” ucap Yoyo.

Dikatakan Yoyo, pihak kecamatan mensuport gagasan pelaksanaan even E-sport yang dilakukan secara swadaya oleh para pemuda ini. Ia mengharapkan event tersebut dapat menjadi landasan Pengurus Kabupaten E-sport Sumedang kedepan dan menjadi wadah bagi anak-anak muda untuk mengembangkan hobinya.

“Kami sangat bangga dengan adanya langkah seperti ini. Mengingat banyak sekali anak anak muda di bidang E-sport namun belum mendapat perhatian. Melalui even ini semoga bisa menjadi landasan bagi pengembangan E-sport Sumedang kedepan,” ujarnya.

Sementara, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengaku kaget dan tidak menyangka event E-sport ini bisa dilaksanakan di desa Darmawangi.

Hal ini, kata Bupati, menandakan bahwa masyarakatnya khususnya para generasi milenial di Darmawangi sudah sangat maju.

Ia meyakini, E-sport dalam bentuk kompetisi mobile legend akan meng-kanalisasi generasi muda dalam mengaktualisasikan potensi kreatifnya.

Kendati demikian, dirinya berpesan selama bermain E-sport harus bisa ingat waktu dan mengatur waktunya dengan baik.

“Harus ingat waktu dan mengatur waktu
dengan baik. Silahkan berkreasi karena teknologi informasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya termasuk E-sport untuk mengasah pikiran dan mengatur strategi sehingga menjadi unggulan,” sebut Dony.(jim)