Program P2WKSS Tahun 2021 Diharapkan Turunkan Angka Kemiskinan

oleh -
IST : Program P2WKSS di Desa Malaka, salah satunya membantu memperbaiki rutilahu

RADARSUMEDANG.ID, SITURAJA – Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang pada tahun ini dilaksanakan di Desa Malaka kecamatan Situraja diharapkan dapat turut menurunkan angka kemiskinan.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Soaial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Sumedang, Dian Putri Muslich mengatakan, program P2WKSS dikatakan berhasil bila ada perubahan ke arah yang lebih baik dari penilaian awal program ini dilaksanakan.

Ia mengatakan, untuk tahun 2020 lalu Kabupaten Sumedang yang diwakili oleh Desa Margamukti Kecamatan Sumedang Utara menempati peringkat 3 di Jawa Barat atas keberhasilan program P2WKSS ini.

“Walaupun juara bukan tujuan utama dalam kegiatan ini, namun kami berharap prestasi yang diraih Desa Malaka sebagai wakil Sumedang tahun ini akan lebih baik,” kata Dian, di Situraja Senin (22/3).

Dian menjelaskan, akan ada 100 KK miskin yang menjadi binaan dalam kegiatan P2WKSS ini, dan mereka tinggal dalam satu hamparan.
Berbagai program akan masuk baik fisik maupun non fisik dalam kegiatan P2WKSS ini dan dikerjasamakan dengan SKPD atau lembaga terkait.

“Sebagai gambaran untuk perbaikan RTLH, kami akan kerjasama dengan pihak Baznas. Sejauh ini setelah dilakukan penilaian awal memang ada rumah yang akan diperbaiki lewat program P2WKS ini,” katanya.

Begitupun dengan perbaikan fasilitas umum seperti jalan lingkungan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas PUPR.

Sementara itu untuk berbagai pelatihan dalam upaya meningkatkan keterampilan peserta akan kerjasama dengan pihak BLK Sumedang. Dan masih banyak lagi program lainnya.

“Yang jelas dengan adanya program P2WKSS ini bagaimana nantinya perempuan perempuan bisa sejahtera lahir maupun bhatin,” ujarnya. (gun)