Vaksinasi Dibulan Puasa Tetap Lanjut, Asal…

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang asih terus melakukan persiapan terkait dengan vaksinansi di bulan suci ramadhan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr. Renny K Anton mengatakan, pihaknya masih melakukan persiapan secara matang untuk vaksinansi di bulan puasa. Baik kesiapan dari petugas maupun orang yang menjadi sasaran vaksinansi.

Dikatakan sebagimana informasi dari pusat vaksinasi tidak membatalkan puasa. Namun dalam pelaksanaannya juga harus memperhatikan berbagai faktor.

“Faktor yang penting adalah adanya sugesti yang kuat terkait kesiapan dari peserta yang akan divaksin tersebut. Kalau peserta siap vaksinasi jadi dilakukan, tapi kalau tidak siap tidak baik juga dipaksakan,” kata Renny kepada Radar Sumedang di sela vaksinansi di Pendopo IPP Setda, Selasa (23/3).

Meski demikian, kalaupun vaksinasi dilaksanakan di bulan Ramadan untuk peserta mungkin tidak sebanyak vaksinasi di bulan biasa.

“Kita siapkan formula yang terbaik untuk pelaksanaan vaksin di bulan Ramadan nanti. Kami juga menghargai baik petugas maupun peserta yang lagi menjalankan ibadah puasa, dan mungkin saja kegiatan dilakukan tidak sampai siang apalagi sore,” jelasnya. (jim)