Sungai Cihonje Meluap, Sejumlah Bangunan Terseret Arus, Satu Orang Warga Dinyatakan Hilang

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan, Sungai Cihonje yang melewati empat desa diantaranya Desa Citengah, Cipancar, Baginda, dan Gunasari meluap.

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Sumedang pada Kamis (25/3) petang, luapan sungai Cihonje telah menyapu beberapa bangunan milik warga.

Warga di sekitar sungai Cihonje terutama di Desa Citengah pun dibuat panik dengan arus sungai yang begitu besar hingga mengakibatkan kerusakan.

Tak terhitung berapa Sawah, kandang ayam, saung, hingga villa terbawa amukan air berwarna cokelat pekat itu datang begitu saja.

Salah seorang warga Dusun Cilangah, Desa Cipancar Dede Wangsi (46) mengatakan, saat hujan deras melanda tiga desa yakni di Desa Citengah, Cipancar dan Baginda pada jam 18.37 WIB, arus sungai Cihonje sudah terlihat sangat deras.

Lokasi paling parah berada di Desa Citengah tepatnya di salah satu villa di belakang Kantor Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan.

Pasalnya dalam sebuah potongan visual yang diterima Radar Sumedang, tampak villa yang berada di antara sungai dan persawahan itu rata tersapu arus sungai Cihonje.

“Dugaan sementara ada dua orang yang menjadi korban. Satu orang sudah ditemukan,dan sudah dilarikan ke Rumah Sakit. Sementara satu orang lagi dalam proses pencarian,” kata Dede seraya menyebut melihat ada satu unit motor yang terbawa arus.

Dedeh juga mengatakan, ada kejadian longsor TPT di akses jalan Citengah.

“Iya jalan menuju kolam renang sebelum Cibingbin ada longsor TPT. Saat ini sedang ditangani warga setempat,” kata Dede lagi. (jim)