Korban Hilang Akibat Luapan Sungai Cihonje Ditemukan Tim SAR Gabungan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

oleh -
Istimewa

RADARSUMEDANG.ID – Banjir Bandang atau Luapan Air Sungai Cihonje di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan yang terjadi pada Kamis (25/3) sore, mengakibatkan sejumlah bangunan terbawa arus dan dua orang dikabarkan hanyut.

Beruntung salah satu dari mereka berhasil selamat dan langsung dibawa ke RSUD untuk mendapatkan perawatan. Sementara satu orang lainnya baru berhasil ditemukan pada pukul 05.30 WIB.

Satu korban bernama Wareng alias Mamat Rahmat (40) yang dilaporkan menjadi korban banjir bandang di Ds. Citengah Kec. Sumedang Selatan Kab Sumedang berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya pukul 06.15 korban berhasil dievakuasi dan diserah terimakan ke pihak keluarga korban untuk kemudian diteruskan ke RSUD Sumedang.

Menurut penuturan Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung, Idham Salasa korban ditemukan di area pesawahan yang merupakan limpahan dari banjir bandang tersebut, diketahui berdasarkan laporan warga korban saat kejadian tengah bekerja. Adapun kesulitan yang ditemui tim yaitu akses untuk menuju lokasi harus melewati sungai, pesawahan serta jembatan terputus sehingga tim harus mengupayakan pembuatan akses tersendiri untuk menuju lokasi evakuasi.

Pukul 06.30 Wib dengan telah ditemukannya Korban maka diusulkan penutupan Ops SAR dan Tim SAR Gab Kembali ke Kesatuan masing masing. Unsur SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, BPBD Sumedang, Polsek Sumedang Selatan, Damkar, Tagana, Al Fatah, Sigab Persis, FKP3D, Relawan Kompas, Indonesia Escorting Ambulance Sumedang.

Sebelumnya longsor serta banjir bandang terjadi di Ds. Citengah Kec. Sumedang Selatan pada Kamis (25/03) pukul 16.30 WIB setelah hujan deras di wilayah tersebut mengakibatkan 2 orang menjadi korban, 1 korban berhasil selamat dan satu korban lainnya bernama Wareng alias Mamat Rahmat ditemukan meninggal dunia pagi tadi, korban MD merupakan warga Ds Citengah Rt 1 Rw 1 Kec Sumedang Selatan kab Sumedang.(tha/rls).