Sepeda Motor Hasil Curian Ditawarkan di Facebook, Unit Reskrim Pamulihan Tangkap Para Pelaku

oleh -

RADARSUMEDANG.ID,PAMULIHAN – Unit Reskrim Polsek Pamulihan bersama gabungan Unit Resmob Sat Reskrim Polres Sumedang berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) saat motor yang telah berhasil dicuri akan dijual.

Kapolsek Pamulihan IPTU Ahmad Sahidin melalui Kanit Reskrim Polsek Pamulihan IPDA Dede Kosasih mengatakan penangkapan satu pelaku dan empat orang temannya yang diduga ikut serta akan melakukan penjualan barang hasil pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHPidana tepatnya diterminal Ciakar Sumedang pada hari Kamis (25/03) sekitar pukul 18.30 Wib.

“Penangkapan tersebut berdasarkan laporan Nomor : LP/B/44/III/2021/JBR/RES SMD/SEK.PAMULIHAN, Tanggal 25 Maret 2021, serta surat perintah penangkapan Nomor : Sp.Kap/01/III/2020/ Reskrim, Tanggal 25 Maret 2021,” ucap Kanit Reskrim Polsek Pamulihan.

Ia menambahkan, kejadian bermula saat korban bernama Mulyana (26) warga Dusun Neglasari Rt. 02 /01 Desa Cimarias Kec. Pamulihan mengantarkan istri les TK, sesampainya dilokasi, korban memarkirkan kendaraan dengan mengunci leher sepeda motor, lalu korban masuk kedalam rumah kontrakan saudaranya.

“Saat hendak pulang sekitar pukul 10.00 WIB, melihat sepeda motor yang diparkirkannya sudah tidak ada ditempat semula, dan mencoba mencari cari dilingkungan sekitar serta menanyakan kepada beberapa orang yang ada dilokasi tersebut namun tidak ada yang tahu,” tambahnya.

Karena bingung, kata ia, setelah mencari motor tidak ketemu akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pamulihan.

“Setelah kita melakukan penyelidikan akhirnya berhasil ditangkap terduga pelaku berinisial YR (35) warga Dusun Pawenang Rt.02 Rw.03 Desa Margamekar Kec.Sumedang Selatan serta dua orang temannya ASH (37) warga Dusun Cihuni Rt.01 Rw.12 Desa Sukajaya Kec.Sumedang Selatan dan JS warga Dusun Ciloa Rt.03 Rw.03 Desa Sukajaya Kec.Sumedang Selatan,” tambahnya.

Menurutnya, setelah dilakukan pendalaman
pelaku YR mengaku, pencurian dilakukan
menggunakan satu buah kunci Astag, saat motor milik korban yang sedang diparkir di depan halaman sebuah rumah di daerah Dsn. Simpang Rt. 04 Rw. 01 Desa Haurngombong Kec.Pamulihan.

“Setelah berhasil mengambil sepeda motor, pelaku membawa sepeda motor tersebut ke rumah JS. Selanjutnya pelaku meminta bantuan JS menjualkan sepeda motor hasil curiannya dan JS kemudian menelpon temannya yang bernama ASH,” ucapnya.

Setelah ASH datang, lanjut ia, langsung menelpon dan menawarkan motor kepada AP, selajutnya AP menawarkan kembali kepada RD, selanjutnya sepeda motor tersebut ditawakan difacebook dengan cara memberikan komentar kepada seseorang yang dengan akun bernama IR SOPIAN di grup jual beli sepeda motor daerah Sumedang dan akhirnya disepakati harga dengan harga jual sebesar Rp 1.200.000,-

“RD berjanji bertemu dengan cara jual beli secara COD diterminal Ciakar Sumedang dan ketika melakukan Transaksi RD diamankan oleh Anggota Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Pamulihan bersama Anggota Resmob Sat.Reskrim Polres Sumedang,” tambahnya.

Akibat dari kejadian tersebut, kata ia, korban mengalami kerugian materi kurang lebih Rp5 juta rupiah, dan sampai saat ini pelaku dan empat orang temannya masih dilakukan pemeriksaaan guna proses penyidikan selanjutnya.

“Barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu lembar STNK berikut Kunci kontak, satu Unit Sepeda Motor Yamaha Vega R tanpa Plat Nomor, satu buah Kunci Astag dan kunci Ring ukuran Nomor 8 dan
satu buah Plat Nomor sepeda Motor dengan Nomor Polisi : Z 5292 AO,” tutupnya. (tha).