Baznas Sumedang Tetapkan Zakat Fitrah Sebesar Rp 30.000

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang saat ini telah mempersiapkan diri untuk penghimpunan zakat fitrah.

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, Ayi Subhan Hafas mengatakan, pihaknya bersama unsur terkait seperti MUI, Kemenag, Setda, DPRD dan khususnya Disperindagkop telah mencapai mufakat berkaitan dengan besaran zakat fitrah.

“Dalam rapat pleno penetapan besaran zakat fitrah di Sumedang, kami bermufakat untuk zakat fitrah tahun 1442 hijriah ini sama dengan tahun kemarin yaitu, 2,5 kilogram beras. Adapun berdasarkan perkembangan harga beras dari Diskoperindag, harga beras Rp 12.000 sehingga jika dikonversikan dalam bentuk uang, itu sebesar Rp 30.000 per jiwa,” kata Ayi Subhan kepada Radar Sumedang di ruang kerjanya, Rabu (31/3).

Kendati demikian langkah selanjutnya kata dia yakni, dibuatkan surat keputusan Bupati dari hasil rapat pleno untuk menjadi bahan sosialisasi kepada masyarakat.

Pria yang akrab disapa Ocis ini pun berharap, di masa pandemi Covid-19 setidaknya para fakir miskin yang ada di Sumedang bisa terlayani.

“Adapun target penerimaan Zakat infaq dan shodaqoh di tahun ini Rp 24 miliyar. Akan tetapi pengumpulan dan pendistribusian dilakukan di tingkat UPZ rendah, seperti di RW atau DKM untuk kemudian dibagikan kepada fakir miskin di lingkungannya,” ujarnya.

Lebih lanjut sambung Ayi Subhan, dirinya mengajak segenap umat Islam agar senantiasa menunaikan kewajibannya untuk zakat infaq dan shodaqoh.

“Karena sejatinya, zakat selain pembersih puasa bisa juga membantu permasalahan sosial apalagi dampak dari pandemi Covid-19,” pungkas Ayi. (jim)