Peserta Pengabdian Masyarakat Gelombang 3 Mengaku Termotivasi

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Senat Mahasiswa ( SEMA) Bersama dengan UKM STMIK Sumedang kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini merupakan kegiatan gelombang ketiga. Dan dilaksanakan di kampus SMK Muhammadyah 1 Sumedang. Senin, 29 Maret 2021.

Panitia kegiatan menghadirkan 2 (dua) pemateri yaitu Ahmad Kamaludin dari UKM Olahraga membawakan materi tentang pembuatan video dan Moch. Kemal dari UKM Tahu Ngoding membawakan materi tentang pembuatan Flayer dengan peserta para siswa dan siswi dari SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yang dibagi ke dalam 2 ruangan.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Kamaluddin selaku pemateri pembuatan video menjelaskan tentang pembuatan video menggunakan aplikasi kine master.

“Alasan topik ini diambil karena masih ada sebagian siswa yang belum tau cara mengedit di aplikasi kine master dengan adanya penyampaian materi ini bisa bermanfaat bagi para peserta yang nantinya bisa membuat peserta termotivasi untuk bisa lebih mengembangkan skill dalam mengedit video,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ahmad, dalam hal promosi dirinya lebih suka menggunakan yang virtual seperti video karena jika melihat brosur hanya dilihat sekilas berbeda dengan video yang bisa ditonton sampai habis.

Kemudian pemateri yang kedua, Moch. Kemal yang membawakan materi tentang pembuatan Flayer mengatakan diacara pengabdian masyarakat gelombang ketiga ini dirinya diminta membawakan materi pembuatan flayer menggunakan aplikasi canva.

“Hampir semua siswa sudah mengetahui aplikasi Canva ini. Kami berharap para peserta lebih tau lagi tentang flyer dimana para peserta jika ingin mulai suatu bisnis dalam hal mempromosikan suatu brand yang dimiliki kepada orang-orang sesuai keinginan dan kreativitas,” sebutnya.

Sementara itu, Antusias dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Sumedang cukup interaktif. Kesan dan pesan yang diberikan para peserta di acara pengabdian masyarakat yang ketiga ini sangat positif dan mereka menikmati acara pengabdian ini sampai akhir.

“Acaranya seru, waktu penyampaian materi pun mudah dipahami tidak sulit untuk dicoba dan mungkin kedepannya saya bisa mencoba mempraktekan penggunaan canva atau kinemaster untuk promosi,” ujar Neng Linda Sari salah satu siswi dari kelas 10 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sumedang.

“Kakak-kakak nya seru, penyampaian materinya mudah dipahami.saya sendiri lebih menyukai flyer karena waktu membaca informasinya itu bisa tersusun dan terimakasih sudah memberikan pembelajaran baru untuk siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Sumedang,semoga kedepannya STMIK Sumedang bisa semakin Berjaya lagi,” ujar Didin selaku peserta siswa dari kelas 11 Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Sumedang. (isl)