Jelang Arus Mudik Lebaran 2021, GeNose Dilaunching dan Akan Digunakan Diperbatasan Sumedang

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Polres Sumedang menyiapkan alat pendeteksi virus korona, GeNose C-19, di posko perbatasan Kabupaten Sumedang, saat momen arus mudik lebaran tahun ini.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki GeNose C-19, yang akan digunakan untuk testing dan tracing Covid-19.

“Kami melaunching GeNose C-19, alat kreasi anak bangsa yang cepat dalam mendeteksi kasus Covid-19. Alat ini diperuntukan untuk kegiatan aktivitas pemerintahan di Kabupaten Sumedang,” kata Eko, di Mapolres Sumedang, Kamis (8/4).

Kapolres mengatakan, untuk sementara ini dalam waktu dekat GeNose C-19 akan digunakan untuk mengantisipasi pemudik atau orang yang akan masuk ke wilayah Sumedang, saat pelaksanan Operasi Ketupat Lodaya 2021. Kata kapolres, akurasi GeNose C-19 dalam mendeteksi virus korona mencapai 95 persen.

“Maka di perbatasan dilakukan pengetesan menggunakan alat ini. Sehingga apabila ditemukan yang terkonfirmasi positif oleh alat ini maka tentunya tidak akan kami izinkan masuk ke wilayah Sumedang,” tuturnya.

Eko menggambarkan, alat tersebut akan ditempatkan secara bergantian di posko perbatasan Sumedang-Cileunyi di Kecamatan Jatinangor, dan Sumedang-Majalengka di Kecamatan Tomo.

Selain itu, kata Eko, GeNose C-19 juga akan digunakan untuk menyukseskan program pemerintah yg saat ini sedang dilaksanakan PPKM skala mikro, dimana fokus kegiatan ini adalah 3T, yakni testing tracing dan treatment. Diharapkan alat tersebut membawa manfaat besar, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Jadi alat ini akan digunakan testing dan tracing. Sementara untuk treatment akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Alat ini sebesar besarnya diperuntukan untuk kemaslahatan masyarakat Sumedang,” tuturnya.

GeNose C-19 nantinya juga akan disediakan di kawasan Terminal Tipe A Ciakar, untuk mendeteksi calon penumpang bus. (gun)