Pangdam III/Siliwangi Hadiri Pembukaan TMMD ke-105 di Sumedang

oleh -

PASEH – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi menghadiri pembukaan TMMD ke-105 dan pencanangan TMMK Kodim 0610/Sumedang yang akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Lapang Desa Pandanaan Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, Selesai (9/7).

Sebelum pelaksanaan upacara pembukaan TMMD, Pangdam III/Siliwangi dan Wagub Jabar serta tamu undangan terlebih dahulu menerima paparan tentang kesiapan pelaksanaan TMMD ke 105 tahun 2019 dari Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah.

Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang diikuti 4 pasukan upacara terdiri dari Kodim 0610/Sumedang, Yonif 312/KH, Yon Armed 4/GS, Yon Arhanud 3, Satuan Brimob Jabar, Polres Sumedang, Satpol PP Sumedang, Ormas GM FKPPI, IPDN Sumedang, Pemuda Pancasila, LSM GMBI, Linmas, Mahasiswa, Siswa SMK dan Siswa SMP.

TMMD ke 105 dengan mengusung tema Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum selaku insfektur upacara mengatakan, TMMD ke – 105 merupakan program TMMD yang ke -2 kalinya ditahun 2019 ini. Sekaligus untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan didaerah pedesaan.

“Pelaksanaan TMMD ini agar dapat mencapai sasaran, diantaranya semakin maju wilayah dengan dibangunnya fasilitas mulai dari jalan, jembatan, fasilitas sosial, fasilitas umum dan produksi pertanian semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Meningkatnya kemandirian masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat,” ucapnya.

Wagub berharap, kegiatan TMMD dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan yang telah direncanakan.

Adapun sasaran TMMD ke-105 tahun 2019 yang dikerjakan secara fisik diantaranya pembangunan jembatan, jalan, gorong-gorong, pembangunan saluran air dan pembangunan tempat ibadah (musala).

Selain kegiatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono membuka pencanangan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodam III/Siliwangi, ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati.

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi dan Wagub Jabar serta tamu undangan melaksanakan peninjauan stand pelayanan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis.

Kegiatan TMMD ke-105 tahun 2019 dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, sedangkan untuk wilayah Kodam III/Siliwangi pelaksanaan TMMD ada di 4 daerah diantaranya, Kodim 0604/Karawang yang dihadiri oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P, M.Tr (Han), Kodim 0607/Sukabumi Kota, Kodim 0610/Sumedang dan Kodim 0617/Majalengka.

Selain kegiatan tersebut diatas jelas Pangdam, pengerjaan TPT 4 titik dan TPT sayap jembatan sungai Cibodas se[anjang 16,5 meter, tinggi 2,5 meter dan lebar 30 centimeter. Lalu pengerjaan gorong-gorong dan kupas tanah.

“Untuk sasaran tambahan, akan dilaksanakan rehab Masjid, pembuatan MCK dan pengerjaan Pos Kamling,“ terang Pangdam.

Menurut Pangdam III/Siliwangi, Selain mengerjakan infrastruktur fisik dalam TMMD ke-105 itu, dilaksanakan juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, penuluhan hukum, penyuluhan kesejahteraan rakyat, kesadaran bela Negara, keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tampak hadir pada acara tersebut, Danrem 062/TN, Forkopimda Prov. Jabar, Bupati Sumedang, para pejabat utama Kodam III/Siliwangi, pejabat utama Polda Jabar, Forkopimda Kab. Sumedang dan tamu undangan lainnya. (tha/rls)