Dandim Himbau Warga Tetap Siaga

oleh -

KOTA – Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) menilai bahwa kebakaran hutan yang terjadi dibeberapa daerah di Kabupaten Sumedang saat ini masih melanda.

“Kami TNI, Polri, Intansi terkait serta relawan dan warga masyarakat akan selalu berupaya memadamkan api yang membakar hutan tersebut,” ucap Dandim saat dikonfirmasi media. Kamis Pagi (24/10/2019).

Ia menambahkan, sejak terjadinya kebekaran beberapa waktu yang lalu sampai dengan pada hari Rabu malam, 23 Oktober 2019 pukul 23.00 Wib, diwilayah Kabupaten Sumedang termonitor ada 6 titik kebakaran hutan.

“Seperti yang kita ketahui salah satu kebakara hutan tersebut terjadi di Gunung Tampomas sejak tanggal 20 Oktober 2019 sampai dengan sekarang, dan juga terjadi di daerah Blok Jangka Desa Wargaluyu Kecamatan Tanjungmedar serta di Gunung Kareumbi di Kecamatan Cimanggung,” tambahnya.

Selain itu, lanjut ia, didaerah kecamatan Situraja di Blok Bendung Rengrang yang mengancan dua Desa, yakni Desa Malaka dan desa Pamulihan.

“Sementara diwilayah Kecamatan Sumedang Selatan kebakaran hutan terjadi di Gunung Tilu Sabagi Ciherang dan di Gunung Rengganis Desa Margamekar, dan saat ini untuk diwilayah sumedang selatan api sudah bisa kita padamkan. Tegasnya.

Kendati demikian, kata ia, dengan adanya bencana tersebut pihak pemerintah menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat yang didaerahnya terjadi kebakaran hutan untuk tetap siaga dan waspada serta bersama-untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Dan untuk personel dan relawan yang terlibat dalam tugas pemadaman api utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil,” tutupnya. (tha).