SMKN 1 Sumedang Sabet Medali Emas di FLS2N Tingkat Nasional

oleh -

Radarsumedang.id – SMKN 1 Sumedang kembali mengukir prestasi tingkat nasional, setelah tim karawitan yang tampil sebagai wakil Provinsi Jawa Barat pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) pada kategori musik tradisional daerah (MTD), penyaji terbaik, meraih medali emas.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud melalui video virtual yang disiarkan langsung secara nasional, Sabtu (3/10/2020) sekira pukul 22.30.
Tim Karawitan SMKN 1 Sumedang berhasil menjadi juara nasional setelah mengungguli pesaing lainnya diantaranya perwakilan, Provinsi Sulawesi Selatan, Bali dan Jawa Tengah.

Alhamdulillah berkat kegigihan anak-anak kami dalam berlatih menghasilkan karya yang terbaik di tingkat nasional. Kami bangga bisa berprestasi meski dalam kondisi pandemi,” ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang, Elis Herawati, Minggu (3/10/2020).

Elis mengatakan, meski pada tahun ini, pelaksanaan kegiatan FLS2N dilakukan secara virtual, sehingga terasa sangat berbeda. Namun demikian prestasi ini akan melecut semangat para siswa untuk memberikan karya terbaik.

“Dan ini adalah prestasi yang paling tinggi. Tapi tahun sebelumnya anak-anak kami juga berjaya di tingkat nasional pada kategori yang sama (musik tradisional),” ucapnya.

Kepala jurusan Seni Karawitan, SMKN 1 Sumedang, Adi Kurniawan mengatakan penyajian musikalitas dengan tema ‘Tulung Lutung’ yang mengantarkannya menjadi juara FLS2N tingkat nasional pada kategori musik tradisional itu ditampilkan oleh 5 siswa jurusan karawita. Antara lain, Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi.

“Sangat terharu setelah menjadi wakil Jawa Barat kemudian kami juga di yingkat nasional mampu bersaing dengan provinsi-provinsi yang memiliki kqrakter kuat dalam musik tradisional seperti Bali, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan lainnya,” tutur Adi.
Prestasi ini, kata Adi di persembahkan untuk masyarakat Jawa Barat khususnya Kabupaten Sumedang.

Di ajang nasional ini, tim menyajikan karya musik tradisi yang bertemakan ‘Tulung Lutung’.
Konsep ‘Tulung Lutung’ merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda jaman dahulu yang di sebut ‘paciwit-ciwit lutung’.

Dari cerita itu kemudian diimplementasikan serta diaktualisasi dalam bentuk karya musik yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda. Antara lain, suling, bonang, jenglong, terompet, saron, kecapi dan kendang. (gun)