40 Orang Warga Cimalaka Mendadak di Tes Swab, Ternyata Ini Penyebabnya..

oleh -

Cimalaka, Radarsumedang.id – Setelah muncul kasus baru empat warga Kecamatan Cimalaka positif Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang melalui UPTD Puskesmas Cimalaka melakukan swab tes terhadap 40 warga pada Selasa (3/11).

Swab tes terhadap 40 warga itu tercatat memiliki kontak erat dengan empat orang positif Covid-19 tersebut yang masih terdapat dalam satu desa di Kecamatan Cimalaka.

Kepala UPTD Puskesmas Cimalaka Dr Hendriawan menuturkan, empat orang positif Covid-19 tadi masih dalam satu keluarga yang merupakan sepasang suami istri, seorang anak dan cucunya. “Setelah tanggal 2 November kemarin keluar dengan hasil positif yang empat orang itu, langsung cepat tanggap kita lacak sama siapa saja kontak eratnya. Sebanyak 40 warga yang tercatat memiliki kontak erat itu sudah kita swab tes semuanya,” jelasnya.

Hasil swab tes diperkirakan keluar sekitar satu minggu kedepan. Sebelum keluar hasilnya, 40 warga dimaksud harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Demikian pula empat warga positif Covid-19 juga menjalani isolasi di rumahnya. “Yang empat warga positif juga menjalani isolasi di rumah saja, soalnya tidak bergejala,” sebutnya.

Dr Hendriawan menceritakan, awalnya satu keluarga tadi sebanyak lima orang berangkat menjenguk saudaranya yang sakit dan hendak melakukan perawatan pasang ring jantung di Rumah Sakit Purwakarta. Sepulang dari sana, ‘N’ salah seorang dari keluarga itu mengalami sakit batuk dan demam. Lalu, ‘N’ berobat ke bidan desa pada 20 Oktober dan melanjutkan pengobatan di Puskesmas Cimalaka pada 24 Oktober.

“Kami melakukan rapid tes pada 24 Oktober di Puskesmas Cimalaka dan hasilnya reaktif. Sehingga lima orang dalam satu keluarga tadi dilakukan swab tes pada 26 Oktober di Labkesda Sumedang. Tanggal 2 November hasilnya keluar, empat orang positif dan seorang lagi negative,” ungkap Dr Hendriawan seraya tetap mengajak kepada masyarakat luas selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun serta menjauhi kerumunan massa. (tri)