Radar Sumedang https://sumedang.radarbandung.id Berita Terkini Sumedang Hari Ini Fri, 25 Sep 2020 07:19:54 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.10 https://sumedang.radarbandung.id/wp-content/uploads/sites/2/2019/01/cropped-RS-01-46x46.png Radar Sumedang https://sumedang.radarbandung.id 32 32 Pilkades Sumedang Digelar 16 Desember 2020, Dilaksanakan Tanpa Tatap Muka https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/pilkades-sumedang-digelar-16-desember-2020-dilaksanakan-tanpa-tatap-muka/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/pilkades-sumedang-digelar-16-desember-2020-dilaksanakan-tanpa-tatap-muka/#respond Fri, 25 Sep 2020 07:19:54 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6540 Radarsumedang.id – Forkopimda Kabupaten Sumedang akhirnya memutuskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020 di Kabupaten Sumedang

The post Pilkades Sumedang Digelar 16 Desember 2020, Dilaksanakan Tanpa Tatap Muka appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumedang.id – Forkopimda Kabupaten Sumedang akhirnya memutuskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020 di Kabupaten Sumedang bakal digelar hari Rabu, 16 Desember 2020 mendatang.

Keputusan itu diambil Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir setelah dirinya beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Forkopimda di Gedung Negara, Kamis (24/9) petang.

Dony menuturkan, Pilkades di 88 desa pada 26 kecamatan ini akan dilaksanakan pasca Pilkada serentak di beberapa Kabupaten/Kota yang dijadwalkan 9 Desember 2020, sesuai dengan ketentuan peraturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Penjadwalan tersebut mengikuti Surat Edaran Kemendagri Nomor 141/4528/SJ, tanggal 10 Agustus 2020, tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW Pilkades sampai selesainya pelaksanaan Pilkada serentak,” tuturnya.

Adapun secara teknis kata Bupati, Pilkades akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tanpa tatap muka. Begitu pula dengan tahapan kampanye dilakukan secara daring (online) guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Tahapannya harus sesuai protokol kesehatan. Tidak ada tatap muka. Kampanye pun dilakukan dengan daring dan media sosial untuk mencegah penyebaran Covid,” ujarnya.

Ia pun memastikan, jumlah TPS pada pelaksanaan Pilkades gelombang ketiga nanti akan ditambah dua kali lipat. Sehingga yang semula hanya 266 TPS dipastikan bertambah menjadi 494 TPS. Masing-masing TPS dilengkapi dengan sarana protokol kesehatan.

“Ini adalah upaya agar masyarakat tetap produktif menjalankan aktivitas demokratisasi di desa tapi aman dari Covid. Supaya aman, jalankan protokol kesehatan secara efektif,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, untuk memastikan pelaksanaan Pilkades Serentak dapat berlangsung dengan sukses tanpa ekses, ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersinergi dalam perhelatan demokrasi ini.

Kendati guna mengantisipasi adanya klaster baru dalam Pilkades serentak, ia pun menghimbau kepada seluruh warga agar selalu menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas agar tidak terjadi penyebaran kasus di Kabupaten Sumedang.

“Mari kita sukseskan Pilkada Serentak bersama-sama. Tetap tidak ada kerumunan. Jalankan protokol kesehatan. Saya akan memantau tahap demi tahapnya,” pungkasnya. (jim)

The post Pilkades Sumedang Digelar 16 Desember 2020, Dilaksanakan Tanpa Tatap Muka appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/pilkades-sumedang-digelar-16-desember-2020-dilaksanakan-tanpa-tatap-muka/feed/ 0
Lawan Pandemi Covid 19 dengan Semangat Solidaritas https://sumedang.radarbandung.id/jatinangor/2020/09/25/lawan-pandemi-covid-19-dengan-semangat-solidaritas/ https://sumedang.radarbandung.id/jatinangor/2020/09/25/lawan-pandemi-covid-19-dengan-semangat-solidaritas/#respond Fri, 25 Sep 2020 07:04:47 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6537 JATINANGOR – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang cukup memprihatinkan, hal ini ditandai dengan adanya kasus penemuan warga yang

The post Lawan Pandemi Covid 19 dengan Semangat Solidaritas appeared first on Radar Sumedang.

]]>
JATINANGOR – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang cukup memprihatinkan, hal ini ditandai dengan adanya kasus penemuan warga yang terpapar semakin hari grafiknya terus menaik.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kab Sumedang  Herman Habibullah mengunjungi keluarga pasien positif Covid-19 berinisial EW warga Desa Cileles Jatinangor yang merupakan karyawan RS Al Islam.

“Pada hari Jum’at pagi, menurut informasi dari Ketua RW setempat, keluarga kedatangan pihak RS Al Islam menyampaikan hasil tes swab bahwa EW dinyatakan positif. Informasi ini diperkuat oleh tim kesehatan dalam hal ini Kepala Puskesmas Rawat Inap Jatinangor menyampaikan hasil pemantauan terhadap 5 orang yang kontak erat terhadap kasus konfirmasi positif di desa Cileles, sampai saat ini Kamis, 24 September 2020 berada dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Herman menambahkan untuk membantu menegakkan diagnosa, puskesmas juga telah melakukan tes swab terhadap kontak erat pada tanggal 21 September 2020.

“Prinsip dasar penanggulangan covid bertumpu pada penemuan kasus (suspek) dengan melakukan upaya tracing dan isolasi. Puskesmas Jatinangor selalu melakukan proses tracing/pelacakan terhadap kontak erat dengan pasien konfirmasi positif. Termasuk pada kasus konfirmasi positif di desa Cileles,” tambahnya.

Dalam kunjungannya, Anggota DPRD Dapil V yang juga asli warga Desa Cileles menyampaikan rasa simpati terhadap keluarga dan memberikan sembako untuk membantu meringankan beban keluarga selama masa isolasi mandiri.

Herman menegaskan bahwa Covid 19 ini bukan aib sehingga keluarga jangan merasa malu dan atau terpencil, ini musibah dunia bukan hanya keluarga mamang ungkapnya memberikan motivasi ke suami pasien di rumahnya.

“Mari patuhi prokes serta banyak berdoa kepada Allah SWT. Tidak ada satupun yang berdaya melawan pandemi covid 19 kecuali dengan kekuatan solidaritas diantara kita semua bahu membahu melawan/memutus mata rantai penyebarannya, dengan cara ikhtiar lahir disiplin menerapkan prokes sehari-sehari, dan ihktiar batin dengan berdoa memperbanyak sholawat thibbil qulub salah satunya,” ucapnya.

Ia berharap, semoga pasien segera disembuhkan dan kita semua senantiasa dilindungi dari wabah Covid-19 ini.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Ketua RW setempat, Plt Desa Cileles Dadang Sobirin, Anggota BPD Mirhan Nurdin, Sekcam Jatinanagor Yuli dan petugas kesehatan dari PKM Jatinangor yang telah ikut mendampingi kunjungannya,” tutupnya. (tha).

 

The post Lawan Pandemi Covid 19 dengan Semangat Solidaritas appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/jatinangor/2020/09/25/lawan-pandemi-covid-19-dengan-semangat-solidaritas/feed/ 0
Dengan Program Simpay Tenar, Pengantin Anyar di Sumedang Bakal Langsung Dapat KTP dan KK https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/dengan-program-simpay-tenar-pengantin-anyar-di-sumedang-bakal-langsung-dapat-ktp-dan-kk/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/dengan-program-simpay-tenar-pengantin-anyar-di-sumedang-bakal-langsung-dapat-ktp-dan-kk/#respond Thu, 24 Sep 2020 23:40:53 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6517 Radarsumedang.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten

The post Dengan Program Simpay Tenar, Pengantin Anyar di Sumedang Bakal Langsung Dapat KTP dan KK appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumedang.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, guna memaksimalkan program Simpay Tenar (Sistem Pelayanan Adminduk bagi Pengantin Anyar).

Kabid SIAK Disdukcapil A Beni Triyadie mengatakan selama ini program Simpay Tenar telah dilaksanakan bersama KUA. Namun agar payung hukumnya lebih jelas maka MoU akan dilakukan dengan induk KUA, dalam hal ini Kantor Kementrian Agama kabupaten Sumedang.

“Dengan melakukan MoU dengan Kemenag Sumedang berarti secara otomatis seluruh KUA di Sumedang bisa melaksanakan program Simpay Tenar,” kata Beni, Kamis (24/9).

Dengan Simpay Tenar, kata Beni, pasangan pengantin baru yang menikah di Sumedang dan memutuskan akan tinggal di Sumedang akan dapat langsung mengurus adminduknya.

“Jadi, nanti mereka (pengantin) bisa mendaftar ke Kantor Disduk, dan ketika saat hari H pernikahan atau resepsi, adminduk baru mereka sudah jadi dalam hal ini KTP dan KK barunya,” jelasnya.

Adapun, bagi calon pengantin yang berasal dari luar wilayah Sumedang, dan setelah menikah akan tinggal di Sumedang, maka diwajibkan mengurus terlebih dahulu surat pindah.
Kalaupun tidak sempat mengurusnya karena waktu yang mepet, pihak Disdukcapil Sumedang akan siap membantunya.

“Yang jelas melalui Simpay Tenar ini pengantin baru tidak perlu lagi repot mengurus adminduk, karena saat menikah semuanya telah jadi,” tuturnya. (gun).

The post Dengan Program Simpay Tenar, Pengantin Anyar di Sumedang Bakal Langsung Dapat KTP dan KK appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/dengan-program-simpay-tenar-pengantin-anyar-di-sumedang-bakal-langsung-dapat-ktp-dan-kk/feed/ 0
Polres Sumedang Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Prokes https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/polres-sumedang-bentuk-tim-pemburu-pelanggar-prokes/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/polres-sumedang-bentuk-tim-pemburu-pelanggar-prokes/#respond Thu, 24 Sep 2020 23:31:49 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6514 Radarsumedang – Polres Sumedang membentuk tim pemburu pelanggar Protokol Kesehatan yang akan bergerak ke titik-titik tertentu untuk menyisir

The post Polres Sumedang Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Prokes appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumedang – Polres Sumedang membentuk tim pemburu pelanggar Protokol Kesehatan yang akan bergerak ke titik-titik tertentu untuk menyisir para warga masyarakat yang melanggar Perbup No 74 Tahun 2020.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, SH., S.I.K., M.PICT, M.ISS. mengatakan pihaknya menyiapkan 100 personil dari aparat kepolisian baik dari Sabhara, Satreskrim, Lalu Lintas dan Binmas untuk membantu pemerintah untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai covid-19.

“Ini merupakan sebuah akselerasi dari apa-apa yang sudah kita lakukan selama ini seperti operasi Yustisi. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tidak cukup sekedar himbauan. Akan tetapi harus ada punishment demi kesehatan masyarakat itu sendiri,” ujarnya usai melepas tim pemburu pelanggar Prokes di Mako Polres Sumedang, Kamis (24/9).

Adapun kata Kapolres, jenis sanksi yang akan diterapkan adalah pendekatan secara edukatif. “Kita berikan semacam penjelasan bagaimana cara Covid menyebar, setelah kami beri penjelasan yang bersangkutan disuruh mengulangi dengan harapan masyarakat hapal diluar kepala. Atau bisa juga dengan pendekatan dengan ideologi Pancasila, empat pilar kebangsaan disuruh mengulangi,” ucapnya.

Dikatakan, Polres Sumedang telah memetakan kantung-kantung masyarakat berkumpul akan dilakukan secara bergiliran. “Dimana masyarakat berkumpul baik pagi, siang, maupun malam. Maka petugas akan mobile disitu,” katanya.

Senada, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, gebrakan dari Polres Sumedang merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat agar senantiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu juga sebagai upaya penegakan disiplin masyarakat dengan menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. “Tentunya kita harus menjadi bagian yang menyadarkan bahwa Covid-19 belum selesai. Kemudian daripada itu berkaitan dengan sanksi ini harus secara persuasif dan edukatif tapi tetap tegas juga bagi yang melanggar kita beri punishment sebagaimana yang diatur dalam Perbup tentang sanksi administratif bagi pelanggar protokol kesehatan,” kata Bupati.

Tim Pemburu. lanjut Bupati telah lebih menguatkan upaya Pemerintah Daerah dalam rangka penerapan disiplin dan pengenaan sanksi.”Yang terpenting adalah kita wajib menyelamatkan jiwa dari Covid. Karena vaksin belum ada, makannya vaksin yang ada saat ini adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan,” pungkas Bupati. (jim)

The post Polres Sumedang Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Prokes appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/25/polres-sumedang-bentuk-tim-pemburu-pelanggar-prokes/feed/ 0
SMKN 1 Sumedang Wakili Jabar di FLS2N Tingkat Nasional https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/smkn-1-sumedang-wakili-jabar-di-fls2n-tingkat-nasional/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/smkn-1-sumedang-wakili-jabar-di-fls2n-tingkat-nasional/#respond Thu, 24 Sep 2020 14:44:38 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6520 Radarsumdang.id – Jurusan Karawitan SMKN 1 Sumedang kembali mewakili Provinsi Jawa Barat di pada ajang Festival dan Lomba

The post SMKN 1 Sumedang Wakili Jabar di FLS2N Tingkat Nasional appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumdang.id – Jurusan Karawitan SMKN 1 Sumedang kembali mewakili Provinsi Jawa Barat di pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMK tahun 2020 tingkat nasional. Kesempatan itu didapat setelah berhasil meraih juara 1 pada gelaran event FLS2N jenjang SMK tingkat Provinsi Jawa Barat bidang lomba Musik Tradisi Daerah.

Pada lomba di tingkat Provinsi Jabar, para seniman muda SMKN 1 tersebut berhasil mengungguli sekolah lainnya dari 27 kabupaten/kota dengan menyajikan karya yang berjudul “Tulung Lutung”.

“Ahamdulillah sudah ada pengumuman bahwa kami (SMKN 1 Sumedang) berhasil memenangkan lomba di tingkat Jabar dan bersiap menjadi wakil Jabar di tingkat nasional,” ujar Adi Kurniawan, Kepala Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang, Kamis (24/9)

Adi mengatakan, meski pada tahun ini, pelaksanaan kegiatan FLS2N dilakukan secara virtual, sehingga terasa sangat berbeda. Namun demikian pihaknya tetap berusaha menjaga semangat berkarya dengan tetap memacu siswanya untuk menampilkan yang terbaik ditengah pandemi ini.

Adi menggambarkan, konsep Tulung Lutung merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda jaman dahulu yang di sebut ‘paciwit-ciwit lutung’.

“Dari cerita itu kemudian diimplementasikan serta diaktualisasi dalam bentuk karya musik yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda. Antara lain, suling, bonang, jenglong, terompet, saron, kecapi dan kendang,” ujarnya.

Adi menambahkan penyajian musikalitas dengan tema Tulung Lutung pada FLS2N tingkat Jabar itu ditampilkan oleh 5 siswa jurusan seni karawitan. Antara lain, Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi.
Dan dibimbing oleh tim para guru seni, diantaranya, Wendi Pancasura, Taufik Candiansyah.

“Kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada ibu kepala sekolah Elis Herawati yang selalu memotivasi dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan FLS2N 2020 dan semua keluarga SMKN 1 Sumedang,” ucap Adi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang Elis Herawati mengaku bangga atas perjuangan tim FLS2N yang kembali bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional. Karena pada ajang FLS2N 2019 juga tim SMKN 1 menjadi Jabar di tingkat nasional. Bahkan menjadi tim terbaik pada salah satu kategori.

“Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh pihak, semoga trend positif ini tetap berlanjut agar kami mampu memberikan hasil yang maksimal untuk Jawa Barat di tingkat nasional,” katanya. (gun)

The post SMKN 1 Sumedang Wakili Jabar di FLS2N Tingkat Nasional appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/smkn-1-sumedang-wakili-jabar-di-fls2n-tingkat-nasional/feed/ 0
Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 di Sumedang Bertambah 24 Orang https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/hari-ini-kasus-positif-covid-19-di-sumedang-bertambah-24-orang/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/hari-ini-kasus-positif-covid-19-di-sumedang-bertambah-24-orang/#respond Thu, 24 Sep 2020 09:24:46 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6512 Radarsumedang – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang kembali mengabarkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19. Juru Bicara

The post Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 di Sumedang Bertambah 24 Orang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumedang – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang kembali mengabarkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri mengatakan, per hari ini Kamis (24/9) terjadi penambahan 24 kasus positif Covid-19.

“Iya sekarang ada tambahan 24 kasus positif. Saya minta sekarang warga masyarakat lebih waspada,” kata Iwa kepada Radar Sumedang via sambungan WhatsApp.

Adapun dirinya memastikan, semua pasien yang terkonfirmasi positif ini telah melakukan isolasi mandiri.

“Iya semuanya isolasi mandiri karena termasuk pasien tanpa bergejala. Lonjakan kasus ini dikonfirmasi setelah dilakukan pengambilan swab pada tanggal 16-17 September 2020,” ujarnya seraya memastikan selesai isolasi mandiri pada tanggal 26-27 September 2020.

Adapun Iwa membeberkan 24 orang yang terkonfirmasi Positif itu berasal dari beberapa Kecamatan diantaranya, 7 orang dari Kecamatan Tanjungsari, 1 orang dari Cimalaka, Tomo 9 orang, Buahdua 2 orang, Darmaraja 1 orang, Jatinangor 1 orang, Tanjungkerta 1 orang, dan Sumedang Utara 2 orang.

Alhasil dengan penambahan ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang menjadi 162 orang. Dengan rincian, 130 dinyatakan sembuh, 28 orang menjalani perawatan atau isolasi mandiri, dan 4 orang dinyatakan meninggal dunia. (jim)

The post Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 di Sumedang Bertambah 24 Orang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/24/hari-ini-kasus-positif-covid-19-di-sumedang-bertambah-24-orang/feed/ 0
Coca-Cola Serahkan Bantuan Satu Unit Ambulans Kepada PMI https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/nasional/2020/09/23/coca-cola-serahkan-bantuan-satu-unit-ambulans-kepada-pmi/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/nasional/2020/09/23/coca-cola-serahkan-bantuan-satu-unit-ambulans-kepada-pmi/#respond Wed, 23 Sep 2020 10:56:58 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6508 Jakarta, Radarsumedang.id – Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia (“Coca-Cola”) melakukan serah terima secara virtual untuk penyerahan satu

The post Coca-Cola Serahkan Bantuan Satu Unit Ambulans Kepada PMI appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Jakarta, Radarsumedang.id – Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia (“Coca-Cola”) melakukan serah terima secara virtual untuk penyerahan satu (1) unit armada ambulans kepada Palang Merah Indonesia untuk penanganan pandemi COVID-19. Selasa, (22/9).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari realisasi donasi Coca-Cola bernilai Rp 10 Miliar yang telah disalurkan kepada Palang Merah Indonesia pada April 2020 lalu.

Sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020, pandemi COVID-19 terus menyebar dan berdampak terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan jumlah kasus yang terus meningkat, semakin penting bagi setiap lapisan masyarakat Indonesia untuk turut mendukung upaya penanggulangan COVID-19.

Penyerahan satu (1) unit mobil ambulans dilakukan antara Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia Diego Gonzalez dan President Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Bapak Jusuf Kalla pada hari ini di lokasi terpisah.

Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz, menyampaikan bahwa Coca-Cola Amatil Indonesia terus mengamati perkembangan situasi dan kebutuhan dalam penanganan pandemi COVID-19, “Guna menghentikan laju penyebaran pandemi di Indonesia, seyogyanya semua pihak turut serta bergotong royong mengambil peran dalam penanganan Covid-19, salah satunya melalui upaya kegiatan kemanusiaan. Kami percaya bahwa partisipasi aktif dan sinergi positif dari berbagai pihak merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengatasi pandemi. Melalui bantuan penyediaan fasilitas ambulans ini, kami berharap dapat mendukung mobilitas PMI dalam bertugas menangani COVID-19 di wilayah paling membutuhkan di Indonesia.” ujarnya.

Penyerahan bantuan kepada PMI hari ini merupakan realisasi bertahap dari kontribusi Coca-Cola yang telah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia untuk mendukung upaya bantuan darurat dan kemanusiaan yang meliputi pemberian edukasi, pelatihan deteksi dini dan respon, untuk masyarakat yang paling terdampak oleh COVID-10 serta penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas kesehatan dan relawan dari Palang Merah Indonesia.
“Coca-Cola telah hadir selama lebih dari 90 tahun di Indonesia dan kami menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa ini. Di masa yang sulit ini, kami merasakan keprihatinan yang sangat besar terhadap kondisi masyarakat Indonesia yang kini hidup di bawah ancaman pandemi COVID-19.” jelas Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia Diego Gonzalez.

“Salah satu fokus kami kini adalah terus memberikan dukungan dengan secara berkala meninjau kebutuhan dari masyarakat yang terdampak. Bantuan penyediaan fasilitas armada khusus yang diberikan kepada PMI akan digunakan untuk penanganan penyakit infeksius seperti COVID-19 agar dapat berjalan dengan optimal sekaligus memitigasi dampak dari pandemi yang tengah berlangsung.” katanya lagi.

Mobil ambulans ini rencananya akan diperuntukkan untuk beroperasi di kawasan Bali sebagai wilayah yang kini merupakan salah satu wilayah dengan kebutuhan ambulans yang tinggi.

“Merupakan salah satu prioritas kami sebagai lembaga kemanusiaan yang berfokus pada penyediaan layanan vital bagi masyarakat yang terkena dampak dari wabah ini untuk terus berupaya sebaik-baiknya membantu mengurangi penyebaran dari pandemi COVID-19. Dana yang kami terima dari Coca-Cola telah dimanfaatkan untuk mendukung tugas tanggap darurat PMI di berbagai wilayah di Indonesia. Pada hari ini, kami dengan penuh rasa syukur menerima pemberian 1 (satu) unit ambulans yang rencananya akan diperuntukkan untuk mendukung layanan COVID-19 di PMI Bali.” imbuh Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI.
Sebagai langkah pencegahan penyebaran wabah virus Corona, PMI juga telah menyalurkan bantuan yang diberikan oleh Coca-Cola melalui beberapa kegiatan diantaranya dengan melakukan distribusi paket Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sebanyak 250.000 Kepala Keluarga (KK) di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Selain itu, PMI juga telah memberikan layanan penyemprotan disinfektan dengan unit armada motor roda tiga, sampai dengan periode Mei 2020 telah menjangkau sejumlah 1.737.393 Kepala Keluarga (KK). Dimana spraying disinfektan ini secara rutin dilakukan dan berulang kali secara berkala untuk para penerima manfaat di wilayah Jakarta Pusat, Selatan dan Jakarta Timur serta Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

“Selain itu, kami juga telah menyediakan 144 unit fasilitas cuci tangan (wastafel portable) yang didistribusikan di tiga Provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Fasilitas cuci tangan ini ditempatkan di sejumlah fasilitas umum terutama pasar serta puskesmas yang berada di 9 kota wilayah JaDeTaBek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi). Melalui penyediaan fasilitas ini, sebanyak 28.800 jiwa telah mendapatkan manfaat setiap harinya,” ujar Jusuf Kalla.

Bantuan kemanusiaan Coca-Cola terhadap kegiatan pencegahan dan tanggap darurat penanganan COVID-19 dari PMI telah dilakukan secara bertahap sejak April 2020 dan akan berjalan sampai dengan November 2020. Dukungan yang diberikan oleh Coca-Cola merupakan bentuk solidaritas dan gotong royong dalam usaha membantu pemerintah dan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia.(rls/isl).

The post Coca-Cola Serahkan Bantuan Satu Unit Ambulans Kepada PMI appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/nasional/2020/09/23/coca-cola-serahkan-bantuan-satu-unit-ambulans-kepada-pmi/feed/ 0
Hore! Siap-Siap Giliran Guru Madrasah Non PNS Diganjar Bantuan Upah https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/23/hore-siap-siap-giliran-guru-madrasah-non-pns-diganjar-bantuan-upah/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/23/hore-siap-siap-giliran-guru-madrasah-non-pns-diganjar-bantuan-upah/#respond Wed, 23 Sep 2020 10:16:18 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6505 RADARSUMEDANG.ID–Kabar gembira bagi para guru madrasah non PNS di Kabupaten Sumedang, pasalnya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama

The post Hore! Siap-Siap Giliran Guru Madrasah Non PNS Diganjar Bantuan Upah appeared first on Radar Sumedang.

]]>
RADARSUMEDANG.ID–Kabar gembira bagi para guru madrasah non PNS di Kabupaten Sumedang, pasalnya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI akan memberikan bantuan upah bagi seluruh guru madrasah non PNS yang sudah terdaftar aktif di Simpatika Kemenag Tahun Ajaran 2020-2021.

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Edaran yang sifatnya penting untuk diketahui dan dilaksanakan sebaik-baiknya bagi Guru/Pendidik yang bertugas di bawah naungan Kementerian Agama serta berstatus Bukan Pegawai Negeri Sipil (GBPNS).

Setelah kemarin Guru PAI Bukan PNS telah mendapatkan perintah untuk segera melakukan Verifikasi dan Validasi Data di aplikasi SIAGA Pendis kini angin segar itu akan menimpa juga pada Guru Madrasah yang hingga saat ini masih tercatat aktif di layanan SIMPATIKA Kemenag.

Surat Edaran Kemenag yang diterbitkan pada tanggal 23 September 2020 dengan Nomor: B-2030/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/09/2020 ini membahas tentang Program Bantuan Subsidi Upah bagi Guru Madrasah Bukan PNS tahun 2020.

Dalam Surat Edaran tersebut disampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat dengan Tim Asistensi Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi telah ditetapkan keputusan bahwa Guru Madrasah yang berstatus akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah bagi Guru Madrasah Bukan PNS.

Namun ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan bagi para guru madrasah non PNS tersebut, diantara ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Guru madrasah calon penerima program bantuan subsidi upah ini
merupakan guru madrasah bukan PNS
2. Guru Madrasah tercatat aktif mengajar di SIMPATIKA pada semester I
tahun pelajaran 2020/2021.
3. Sudah menginput Nomor Rekening dalam layanan SIMPATIKA Kemenag dan
masih aktif.

Jika sampai hari ini nomor rekening anda belum juga tercatat di layanan SIMPATIKA Kemenag, segera anda berkoordinasi dengan satuan kerja terkait untuk memastikan bahwa Nomor Rekening anda masih aktif.(net)

The post Hore! Siap-Siap Giliran Guru Madrasah Non PNS Diganjar Bantuan Upah appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/23/hore-siap-siap-giliran-guru-madrasah-non-pns-diganjar-bantuan-upah/feed/ 0
Mengejutkan, ASN di Dinas PUPR Sumedang Positif Covid-19 https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/mengejutkan-asn-di-dinas-pupr-sumedang-positif-covid-19/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/mengejutkan-asn-di-dinas-pupr-sumedang-positif-covid-19/#respond Tue, 22 Sep 2020 15:21:20 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6500 Radarsumedang.id – Kabar mengejutkan datang dari kantor Dinas PUPR Kabupaten Sumedang. Pasalnya hari ini seorang Aparatur Sipil Negara

The post Mengejutkan, ASN di Dinas PUPR Sumedang Positif Covid-19 appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Radarsumedang.id – Kabar mengejutkan datang dari kantor Dinas PUPR Kabupaten Sumedang. Pasalnya hari ini seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Dinas PUPR Kabupaten Sumedang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kebenaran kabar tersebut diperkuat pasca adanya spanduk himbauan di kantor Dinas PUPR yang berisi tentang larangan bagi para tamu agar mengurungkan niatnya untuk datang ke kantor Dinas PUPR untuk sementara waktu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dadang Sulaeman membenarkan akan hal itu.

Menurutnya, ASN tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sebelumnya dilakukan tes screening ASN, Rapid test serta dilakukan Swab Tes.

“Iya, informasi dari Direktur RSUD Sumedang, identitasnya seorang wanita yang berstatus ASN di Dinas PUPR terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Dadang, Selasa (22/9).

Adapun kata dia, dengan adanya kasus positif di kantor Dinas PUPR itu, maka pihaknya kemudian melakukan tracing terhadap semua pegawai di Dinas PUPR.

Berkaitan dengan hasilnya, Dadang enggan berkomentar banyak. Terlebih saat ini masih menunggu hasilnya.

“Tentunya, untuk yang kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif, dilakukan di Swab tes dan harus melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Senada salah seorang ASN di Dinas PUPR juga membenarkan bahwa salah seorang diantara ASN Dinas PUPR positif Covid-19.

“Iya betul ada yang positif, katanya dari Sumedang Selatan. Akan tetapi sekarang di kantor sudah kondusif lagi. Aktivitas juga sudah kembali seperti semula,” kata salah seorang ASN Dinas PUPR yang menolak disebutkan namanya.

Ia menambahkan, pasca dikabarkan positif, sejumlah ASN di Dinas PUPR telah menjalani pemeriksaan SWAB.

“Iya separuhnya sudah diperiksa,” katanya.

Adapun untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang, saat ini berjumlah 134 orang. Dengan rincian 124 orang dinyatakan sembuh, 6 orang dirawat dan menjalani isolasi secara mandiri serta meninggal empat orang.(jim)

The post Mengejutkan, ASN di Dinas PUPR Sumedang Positif Covid-19 appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/mengejutkan-asn-di-dinas-pupr-sumedang-positif-covid-19/feed/ 0
Sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301 Ikuti Latihan Rawa Laut di Waduk Jatigede https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/sebanyak-200-prajurit-yonif-raider-301-ikuti-latihan-rawa-laut-di-waduk-jatigede/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/sebanyak-200-prajurit-yonif-raider-301-ikuti-latihan-rawa-laut-di-waduk-jatigede/#respond Tue, 22 Sep 2020 15:11:01 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=6496 Darmaraja – Prajurit Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang kembali unjuk kebolehannya dalam sebuah latihan taktis yang dilakukan di

The post Sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301 Ikuti Latihan Rawa Laut di Waduk Jatigede appeared first on Radar Sumedang.

]]>
Darmaraja – Prajurit Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang kembali unjuk kebolehannya dalam sebuah latihan taktis yang dilakukan di Waduk Jatigede.

Kali ini sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301/Pks melakukan latihan pemeliharaan yang sudah memasuki tahap Rawa Laut.

Tahap ini menurut Danyon Raider 301/Pks Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.Ip, M.Ipol merupakan salah satu materi yang sedang dilatihkan yakni renang taktis. Dimana pada materi ini Prajurit melaksanakan renang secara taktis dengan membawa beban perlengkapan tempur meliputi Ransel, helm dan senjata.

“Latihan renang taktis ini merupakan kegiatan yang diprogramkan dalam latihan pemeliharaan Raider untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Raider. Karena setiap prajurit Raider harus memiliki kemampuan berenang secara taktis dengan membawa perlengkapan tempur menuju ke sasaran musuh, dengan tujuan seluruh daerah musuh dapat di kuasai,” ucap Danyon saat memimpin langsung kegiatan renang taktis di sekitaran Waduk Jatigede tepatnya di Desa Sukaratu Kec. Darmaraja, Selasa (22/9).

Dikatakan, latihan tersebut bertujuan untuk melatih para prajurit sebelum di hadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan resiko yang tinggi, seperti halnya melintasi rawa, lautan serta sungai.

Disamping itu pula lanjut Danyon, renang taktis ini merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Raider yang wajib dimiliki. Butuh keterampilan khusus dalam melaksanakan renang taktis, dan juga tidak mudah renang dengan menggunakan perlengkapan tempur.

“Butuh mental yang kuat dan terlatih dikarenakan membawa beban rangsel helm dan senjata, latihan ini dilaksanakan di Waduk Jati Gede, untuk membiasakan Prajurit Raider agar terbiasa dengan latihan di medan sebenarnya”, Tegasnya.

Pada Kesempatan ini pula, Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin yang ikut meninjau pelaksanaan latihan, secara mengejutkan juga ikut serta berenang di Waduk Jati Gede bersama-sama prajurit Raider untuk memberikan semangat kepada prajurit yang sedang berlatih.

Alhasil momen tersebut membuat para prajurit lebih semangat untuk menyelesaikan latihan renang taktis.

“Pelaksanaan latihan pemeliharaan Raider itu dilaksanakan agar Satuan Yonif Raider 301/Pks mahir dalam melaksanakan tugas pokok yang dihadapkan dengan medan sebenarnya. Tadi saya secara langsung terjun ditengah-tengah prajurit mengikuti renang taktis, supaya prajurit lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan latihan,” tandasnya seraya berkata akan mendukung sepenuhnya semua kegiatan latihan yang dilaksanakan Yonif Raider 301/Pks. (jim)

The post Sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301 Ikuti Latihan Rawa Laut di Waduk Jatigede appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2020/09/22/sebanyak-200-prajurit-yonif-raider-301-ikuti-latihan-rawa-laut-di-waduk-jatigede/feed/ 0