Radar Sumedang https://sumedang.radarbandung.id Berita Terkini Sumedang Hari Ini Tue, 17 Sep 2019 05:21:21 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.6 https://sumedang.radarbandung.id/wp-content/uploads/sites/2/2019/01/cropped-RS-01-46x46.png Radar Sumedang https://sumedang.radarbandung.id 32 32 Siswa SD Green School Sumedang Beguru Jadi ‘Jurnalis Cilik’ ke Radar Sumedang https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/17/siswa-sd-green-school-sumedang-beguru-jadi-jurnalis-cilik-ke-radar-sumedang/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/17/siswa-sd-green-school-sumedang-beguru-jadi-jurnalis-cilik-ke-radar-sumedang/#respond Tue, 17 Sep 2019 05:15:50 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2236 SUMEDANG–Sebanyak 15 orang siswa SD Green School Sumedang menggelar kegiatan kunjungan ke Kantor Radar Sumedang di Jalan Kebon

The post Siswa SD Green School Sumedang Beguru Jadi ‘Jurnalis Cilik’ ke Radar Sumedang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
SUMEDANG–Sebanyak 15 orang siswa SD Green School Sumedang menggelar kegiatan kunjungan ke Kantor Radar Sumedang di Jalan Kebon Kol 36 Kelurahan Kota Kaler Sumedang Selatan, Selasa (17/9/2019).

Guru pendamping yang juga Wali Kelas 5 SD Green School Sumedang Susanti mengatakan kegiatan kunjungan ke media tersebut bagian dari kegiatan pembelajaran langsung tentang media informasi.

“Sengaja kami menggelar kegiatan kunjungan ini bagian dari pembelajaran langsung kesini (Radar Sumedang, red) dengan mengajak siswa untuk mengetahui bagaimana proses pembuata sebuah surat kabar dari peliputan sampai surat kabar itu terbit,” kata Miss Susanti, sapaannya di sela-sela kunjungan.

Susanti menjelaskan pentingnya kegiatan pembelajaran langsung agar siswa bisa belajar dari role model yang mereka kehendaki.

“Kebetulan dalam kegiatan pembelajaran semester ini ada materi tentang media infomasi jadi kami memilih role modelnya kantor media yang ada di Sumedang. Sehingga mereka bisa langsung memahami materi ini dari pihak media atau surat kabar bagaimana proses reportase, editing sampai cetak dan diedarkan,” katanya lagi.

Sementara itu, rombongan siswa diterima oleh Koordinator Bisnis dan Kerjasama Erik A Kurnia mewakili Manager Radar Sumedang Cecep WP.

Dalam suasana santai para siswa diberikan pengenalan tentang persuratkabaran. Selain diisi tanya jawab tentang proses pembuatan surat kabar juga diisi dengan workhsop singkat menulis berita.

Dari hasil penulisan dilanjutkan evaluasi bersama guru pembimbing dengan carar bergiliran membacakan berita singkat yang telah dibuat. “Alhamdulillah sebagian besar sudah mulai bisa mengetahui bagaimana membuat sebuah berita, semoga Radar Sumedang semakin berkembang,” ungkap Susanti.(rik)

The post Siswa SD Green School Sumedang Beguru Jadi ‘Jurnalis Cilik’ ke Radar Sumedang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/17/siswa-sd-green-school-sumedang-beguru-jadi-jurnalis-cilik-ke-radar-sumedang/feed/ 0
Bupati Segera Relokasi SDN Cijolang https://sumedang.radarbandung.id/pendidikan/2019/09/16/bupati-segera-relokasi-sdn-cijolang/ https://sumedang.radarbandung.id/pendidikan/2019/09/16/bupati-segera-relokasi-sdn-cijolang/#respond Mon, 16 Sep 2019 15:26:10 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2231   TANJUNGSARI – SDN Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Sumedang yang tengah hangat diberitakan media karena dikepung proyek jalan

The post Bupati Segera Relokasi SDN Cijolang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
 

TANJUNGSARI – SDN Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Sumedang yang tengah hangat diberitakan media karena dikepung proyek jalan Tol Cisumdawu.

“Kondisinya memang sangat mengkhawatirkan. Harus segera direlokasi. Sisi kiri dan kanan sekolah sudah tergerus proyek pembangunan jalan Tol Cisumdawu,” ungkap Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang, saat melakukan peninjauan lapangan. Senin sore (16/9).

Bupati Dony yang didampingi Sekda Sumedang, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Tanjungsari serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tanjungsari, langsung melakukan pembahasan terkait teknis pelaksanaan relokasi sekolah dengan Kepala Sekolah SDN Cijolang, Ketua Komite Sekolah dan Perwakilan dari PT. Adikarya selaku kontraktor pelaksana pembangunan Tol Cisumdawu.

“Saya minta paling telat hari Rabu lusa, pihak sekolah dan para orang tua siswa melaksanakan rapat musyawarah untuk membahas teknis pelaksanaan relokasi sementara ke SDN Sukasari, SDN Margaluyu atau SDN Tanjungsari 1. Saya minta PT. Adikarya juga ikut hadir dan turut mengantisipasi apabila ada konsekuensi pembiayaan. Kepala Dinas Pendidikan, agar dikawal dan difasilitasi,” ucap Dony.

Jauh hari sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah mengingatkan dan meminta untuk pindah ke sekolah terdekat, tapi pihak orang tua keberatan. Sekarang kondisinya sangat memprihatinkan, pihak sekolah dan orangtua diminta memahami risikonya dan bersedia untuk direlokasi.

Ditegaskan Dony bahwa keselamatan siswa menjadi prioritas utama. Sebelum mendapatkan sekolah pengganti yang saat ini sedang dipersiapkan, para siswa tidak boleh tinggal di sekolah lama, tetapi harus direlokasi sementara ke sekolah terdekat. Untuk itu Dony menghimbau agar para orang tua siswa dapat memahami dan mendukung upaya relokasi tersebut.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang menuntaskan proses pengadaan lahannya. Insyaallah dalam minggu ini akan kelar. Dalam waktu bersamaan kami juga akan mengajukan pembangunan fisik sekolahnya ke Kementerian PUPR melalui Dirjen Binamarga. Mudah-mudahan dalam tiga sampai empat bulan ke depan, sekolah pengganti akan selesai dibangun dan proses pembelajaran pun akan normal kembali,” kata Dony.

Ditegaskan bahwa sejatinya komitmen dan perhatian Pemerintah Kabupaten Sumedang terhadap persoalan dampak sosial pembangunan jalan Tol Cisumdawu, sudah sejak awal dimulai yakni dengan mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan pada APBD Tahun Anggaran Tahun 2019.

Pihak PT. Adikarya yang diwakili oleh Project Engineering Manager, Obo Pulih Budilaksono, menyampaikan kesanggupannya untuk menyelesaikan persoalan SDN Cijolang dan membantu proses relokasi sekolah.

“Kami mendukung dan akan membantu proses relokasi SDN Cijolang. Kami akan laporkan segera kepada manajemen,” ujar Obo.

Pada kesempatan tersebut, orang tua siswa yang diwakili oleh Ketua Komite Sekolah, Kokon Kustiawan, menyampaikan bahwa para orang tua tidak keberatan direlokasi ke sekolah lain sepanjang ada kepastian dimulainya pembangunan sekolah pengganti, serta ada perhatian dari PT. Adikarya.

“Kalau nanti direlokasi ke sekolah lain, kami minta ada perhatian untuk memberikan bantuan biaya transfortasi karena lokasinya cukup jauh,” ungkap Kokon. (tha/rls).

The post Bupati Segera Relokasi SDN Cijolang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/pendidikan/2019/09/16/bupati-segera-relokasi-sdn-cijolang/feed/ 0
MPP Dekatkan Interaksi Pemerintah dan Masyarakat https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/mpp-dekatkan-interaksi-pemerintah-dan-masyarakat/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/mpp-dekatkan-interaksi-pemerintah-dan-masyarakat/#respond Mon, 16 Sep 2019 13:31:18 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2228   KOTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyampaikan bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP)

The post MPP Dekatkan Interaksi Pemerintah dan Masyarakat appeared first on Radar Sumedang.

]]>
 

KOTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyampaikan bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) semakin mendekatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat. Hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap pemerintah.

“Mal Pelayanan Publik menumbuhkan interaksi yang semakin dekat antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga kepercayaan semakin meningkat. Masyarakat percaya kepada pemerintah,” ujar Menteri Syafruddin saat memberikan arahan pada peresmian MPP Sumedang di Sumedang, Senin (16/09).

Mantan Wakapolri ini menuturkan bahwa pelayanan publik yang berkualitas juga ditandai oleh kebahagiaan dan kepuasan masyarakat. Dimasa mendatang, MPP bukan hanya tentang pelayanan pemerintah, melainkan tentang bagaimana pelayanan yang diberikan bisa memberi kebahagiaan dan kepuasan.

MPP Sumedang merupakan MPP yang kedua di Jawa Barat setelah MPP Bogor. Menteri Syafruddin yakin bahwa nantinya akan banyak instansi pemerintah terutama kabupaten/kota di sekitar Jawa Barat yang akan berkunjung ke MPP Sumedang. “Ini akan jadi fenomena MPP karena akan banyak dikunjungi masyarakat dan instansi pemerintah lainnya,” ujarnya.

Disampaikan, memasuki era globalisasi, pemerintah perlu membangun sistem secara terintegrasi dan digital sehingga adaptif terhadap perubahan. Terlebih, dunia sedang berlomba-lomba untuk mengedepankan keterbukaan atau yang disebut _open government._

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian PANRB saat ini mendorong penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau _e-government._ SPBE akan mengintegrasikan seluruh sistem pemerintah sehingga aplikasi-aplikasi yang dibangun masing-masing instansi pemerintah tidak akan ada lagi. “Sekarang masih silo, dan berdampak pada pemborosan anggaran,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Syafruddin mendorong Kabupaten Sumedang juga melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Sejak 2014, Kementerian PANRB telah menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

Lewat KIPP, inovasi-inovasi instansi pemerintah memenangkan kompetisi internasional. Pada tahun 2018 dan 2019, Indonesia berhasil meraih penghargaan dari United Nation Public Service Awards (UNPSA). Penghargaan diberikan kepada Kabupaten Teluk Bintuni dengan inovasi Sistem EDAT, dan inovasi PetaBencana.id milik BNPB.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan bahwa pembangunan MPP diwilayahnya merupakan tindak lanjut dari penandatanganan komitmen penyelenggaraan MPP oleh berbagai daerah oleh Menteri PANRB Syafruddin pada 27 Maret 2019, di Kantor Kementerian PANRB. Setelah komitmen tersebut, pihaknya melakukan langkah konkrit dengan melaksanakan koordinasi, renovasi gedung, serta studi tiru terhadap MPP di wilayah lainnya.

“Pembentukan MPP juga sesuai dengan misi daerah kami yang keempat, yakni menata pemerintahan yang responsif. Saya selalu menyampaikan kepada ASN di Sumedang untuk melayani rakyat dengan baik, melayani rakyat dengan mudah, cepat, ringkas, berkualitas, dan bebas KKN,” pungkasnya.***

The post MPP Dekatkan Interaksi Pemerintah dan Masyarakat appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/mpp-dekatkan-interaksi-pemerintah-dan-masyarakat/feed/ 0
Pengurus LP Ma’arif NU Sumedang dan Ciamis Gelar Pertemuan di Saribumi https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/pengurus-lp-maarif-nu-sumedang-dan-ciamis-gelar-pertemuan-di-saribumi/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/pengurus-lp-maarif-nu-sumedang-dan-ciamis-gelar-pertemuan-di-saribumi/#respond Mon, 16 Sep 2019 09:17:42 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2222 KOTA–Dalam rangka memperkuat pengelolaan organisasi dan menertibkan admiistrasi, Pengurus LP Ma’arif NU Kabupaten Ciamis melakukan studi banding ke

The post Pengurus LP Ma’arif NU Sumedang dan Ciamis Gelar Pertemuan di Saribumi appeared first on Radar Sumedang.

]]>
KOTA–Dalam rangka memperkuat pengelolaan organisasi dan menertibkan admiistrasi, Pengurus LP Ma’arif NU Kabupaten Ciamis melakukan studi banding ke LP Ma’arif NU Sumedang pada Minggu (15/9/2019) malam.

Rombongan studi banding ini disambut di RM Tahu Saribumi kemudian dilanjutkan dengan sharing tentang program-program yang telah dilaksanakan di LP Ma’arif NU Sumedang yang bisa dijadikan acuan program bagi LP Ma’arif NU Ciamis.

Ketua LP Ma’arif NU Ciamis Tatang Alwi mengatakan tujuan dilaksanakannya kunjungan tersebut selain untuk memperkuat ukhuwah juga ingin mengetahui program-program unggulan LP Ma’arif Sumedang.

“Sengaja kami berkunjung ke LP Ma’arif Sumedang untuk berguru terkait program-program yang sudah dijalankan disini untuk dijadikan acuan kami di LP Ma’arif NU Ciamis,” ujar Tatang Alwi.

Sementara itu Ketua LP Ma’arif NU Sumedang Cucu Suhayat mengapresiasi atas kunjungan dari LP Ma’arif Ciamis.

“Kami sangat mengapresiasi sekali pada LP Ma’arif NU Ciamis yang telah mempercayai kami, mudah-mudahan dapat berdampak kebaikan untuk kemajuan Ma’arif NU kedepannya,” kata Cucu.

The post Pengurus LP Ma’arif NU Sumedang dan Ciamis Gelar Pertemuan di Saribumi appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/16/pengurus-lp-maarif-nu-sumedang-dan-ciamis-gelar-pertemuan-di-saribumi/feed/ 0
Mengkokohkan Estafeta Misi Nabawiyyah dalam Membangun Generasi Qur’ani https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/15/mengkokohkan-estafeta-misi-nabawiyyah-dalam-membangun-generasi-qurani/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/15/mengkokohkan-estafeta-misi-nabawiyyah-dalam-membangun-generasi-qurani/#respond Sun, 15 Sep 2019 14:42:18 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2217 SUMEDANG–Sebanyak lebih dari 400 orang mahasiswa baru mengikuti kegiatan“Pembukaan Tutorial UPI Kampus Sumedang 2019” di Aula Kampus UPI

The post Mengkokohkan Estafeta Misi Nabawiyyah dalam Membangun Generasi Qur’ani appeared first on Radar Sumedang.

]]>
SUMEDANG–Sebanyak lebih dari 400 orang mahasiswa baru mengikuti kegiatan“Pembukaan Tutorial UPI Kampus Sumedang 2019” di Aula Kampus UPI Sumedang, Sabtu (14/9/2019). Kegiatan yang juga diisi training motivasi dengan mengangkat tema “Mengkokohkan Estafeta Misi Nabawiah dalam Membangun Generasi Qur’ani” secara resmi dibuka oleh Pembina Tutorial Dr. Ani Nur Aeni, M.Pd.

Dalam sambutannya Dr. Ani Nur Aeni, M.Pd mengajak kepada seluruh peserta pembukaan tutorial yang seluruhnya mahasiswa baru untuk bisa mengikuti rangkaian acara pembukaan sampai selesai. “Mengikuti acara pembukaan toturial ini jangan hanya untuk memenuhi kewajiban agar bisa lulus mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) semata, tetapi harus dijadikan sebagai nilai tambah,” pesan Ani mengawali sambutannya sekaligus orasi.

Dalam kesempatan itu pula Dosen PAI UPI Kampus Sumedang ini juga memberikan arahannya agar bisa menjadi generasi milenial yang sukses dunia akhirat. “Kesuksesan yang hakiki adalah meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Untuk itu dari mulai sekarang sudah mulai melakukan manajeman waktu yang baik agar bisa lebih manfaat. Bisa membagi waktu untuk belajar, ibadah, olahraga dan juga bersosialisasi,” serunya lagi.

Sebagai contoh konkrit, Aenin menyarankan para mahasiswa baru agar mulai membiasakan diri dengan amaliah ibadah secara mandiri. “Usahakan setiap hari luangkan waktu lebih banyak untuk beribadah secara mandiri. Bisa dilakukan seperti membiasakan baca Yasin, atau juga membiasakan diri membuat targetan baca Al Qur’an One Day One Juz (ODOJ),” imbuhnya.

The post Mengkokohkan Estafeta Misi Nabawiyyah dalam Membangun Generasi Qur’ani appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/15/mengkokohkan-estafeta-misi-nabawiyyah-dalam-membangun-generasi-qurani/feed/ 0
Agung Kembali Jabat Ketua PAC GP Ansor Cisarua. https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/14/agung-kembali-jabat-ketua-pac-gp-ansor-cisarua/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/14/agung-kembali-jabat-ketua-pac-gp-ansor-cisarua/#respond Sat, 14 Sep 2019 00:55:59 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2214 CISARUA – Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Cisarua menggelar Konferensi yang di laksanakan di

The post Agung Kembali Jabat Ketua PAC GP Ansor Cisarua. appeared first on Radar Sumedang.

]]>

CISARUA – Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Cisarua menggelar Konferensi yang di laksanakan di Masjid Baiturahman Desa Ciuyah Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang. Jum’at, (13/10).

Dalam Konferensi kali ini, Sahabat Ramdan Gumilar atau lebih dikenal Agung terpilih kembali sebagai Ketua PAC GP ANSOR Kecamatan Cisarua masa khidmat 2019-2021.

Hal tersebut dipilih secara aklamasi yang di sepakati oleh peserta yang mewakili dari setiap Ranting se-Kecamatan Cisarua.

Acara Konferensi tersebut di hadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Sumedang Acep Komaruddin Hidayat, Ketua MWCNU Kecamatan Cisarua K. Aceng Mahfud serta peserta Konferensi perwakilan dari setiap Ranting yang ada di Kecamatan Cisarua.

Dalam kesempatan ini K. Aceng Selaku Ketua MWCNU Cisarua menyampaikan bahwa untuk membela agama kita harus berperan dalam berorganisasi. Karna Islam tanpa di barengi organisasi tidak akan utuh.

“Seperti halnya masuk dalam kepengurusan GP Ansor itu berperan untuk menjaga jama’ah dari rongrongan kelompok yang bertentangan dengan paham Ahlussunnah Wal jamaah ,” ucapnya

Selain itu K Aceng mengajak kepada pemuda yang hadir supaya masuk GP Ansor, karna GP Ansor sangat di butuhkan untuk menyi’arkan Islam yang rahmatan lil alamain khususnya di Kecamatan Cisarua.

Sementara, Acep selaku Wakil Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Sumedang menyampaikan Ansor itu garda terdepan NU, maka dari itu membentuk Ansor di Kecamatan sampai tingkat Ranting merupakan suatu keharusan.

Dalam sambutan pertamanya, Agung berkomitmen untuk melakukan kaderisasi secara berkala di setiap Ranting guna memperbanyak kader baik Ansor maupun Banser di Cisarua.***

The post Agung Kembali Jabat Ketua PAC GP Ansor Cisarua. appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/kota-sumedang/2019/09/14/agung-kembali-jabat-ketua-pac-gp-ansor-cisarua/feed/ 0
Senang Dilibatkan Dalam Pra Musrenbang https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/senang-dilibatkan-dalam-pra-musrenbang/ https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/senang-dilibatkan-dalam-pra-musrenbang/#respond Thu, 12 Sep 2019 10:24:11 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2209 JATINANGOR –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jatinangor-Cimanggung), Herman Habibullah menilai

The post Senang Dilibatkan Dalam Pra Musrenbang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
JATINANGOR –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jatinangor-Cimanggung), Herman Habibullah menilai bahwa keterlibatan masyarakat baik RT, RW, dan Kader PKK dalam pra musyawarah rencana pembangunan sangat diperlukan.

Pra Musrenbang tersebut diinisiasi oleh Tim Penggerak Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

“Dua hari ini saya hadir ditengah-tengah para tokoh masyarakat, Agama, Pemuda, Ibu-ibu, para Ketua RW serta Anggota BPD se-Desa Cilayung dan Cileles dalam rangka silaturahmi yang dibingkai dengan acara yang sangat besar dan kredibel untuk sebuah kemajuan segala aspek kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Sekretaris Fraksi PKB itu menyebutkan bahwa, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan Pra Musrenbang ini baru dilakukan dan di benarkan oleh peserta yang hadir. Sehingga menjadi motivasi dirinya mengajak semua masyarakat memerankan posisi masing-masing dan melibatkan diri dalam proses pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan serta pemeliharaan pembangunan atau kegiatan di wilayah.

“Sebenarnya pemerintah telah menyusun regulasi salah satunya UU Desa yang sangat jelas dan nyata sebagai ikhtiar politik untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera adil dan makmur, menuju Indonesia maju, oleh karena itu setiap pembangunan yang ada diwilayah harus diketahui oleh masyarakat. Sehingga masyarakat bisa, bahkan wajib mengawal setiap program yang ada,” ucap Herman kepada Radar Sumedang.

Herman akan minta kepada Bapak Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir untuk memerintahkan SKPD terkait mulai BAPPEDA, Dinas PMD dan para Camat untuk memantau dan mengendalikan proses mekanisme perencanaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Hal tersebut sangat penting agar visi misi Sumedang Simpati bisa terwujud dengan baik,” ucapnya.

Sementara, Sekertaris Karang Taruna Desa Cilayung Dadang Sobarudin mengaku baru kali ini diajak untuk mengikuti Pra Musrenbang di Desa Cilayung yang dihadiri anggota DPRD Kabupaten Sumedang, kegiatan ini sangat berarti karena dijelaskan mengenai tahapan perencanaan pembangunan sebagai bekal kami melaksanakan MUSDUS di tiap RW atau Dusun.

“Ini kegiatan sangat bagus untuk mengetahui dan memberikan masukan terkait berbagai pembangunan yang akan dilaksanakan diwilayah kami,” ujarnya. (tha).

The post Senang Dilibatkan Dalam Pra Musrenbang appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/senang-dilibatkan-dalam-pra-musrenbang/feed/ 0
Sempat Melayangkan Protes Terkait Pemberitaan Humas DPRD. https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/sempat-melayangkan-protes-terkait-pemberitaan-humas-dprd/ https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/sempat-melayangkan-protes-terkait-pemberitaan-humas-dprd/#respond Thu, 12 Sep 2019 06:20:05 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2206 JATINANGOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jatinangor-Cimanggung), Herman Habibullah menyebutkan

The post Sempat Melayangkan Protes Terkait Pemberitaan Humas DPRD. appeared first on Radar Sumedang.

]]>

JATINANGOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jatinangor-Cimanggung), Herman Habibullah menyebutkan terkait hasil Rapat Paripurna DPRD tentang pengumuman Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sumedang bahwa sesuai peraturan tentang persyaratan pembentukan Fraksi.

“Alhamdulillah PKB bisa membentuk Fraksi mandiri sehingga kami bisa total menjalankan amanat Partai mengenai lima tugas keummatan dan kerakyatan,” ucap Herman yang juga Sekertaris Fraksi Partai PKB Kabupaten Sumedang.

Herman mengakui sempat melakukan protes keras terhadap pemberitaan yang di muat disitus resmi DPRD Kabupaten Sumedang yang menyebutkan ada 7 Fraksi, 6 Fraksi mandiri 1 Fraksi Gabungan PKB – Demokrat hal ini menurutnya sangat merugikan PKB karena bisa menimbulkan pemahaman publik terkait kebijakan yang akan di ambil oleh Fraksi kedepannya.

“Soal keberdaan Demokrat di tubuh Fraksi PKB itu tidak bisa dikatakan Fraksi Gabungan karena PKB bisa membentuk Fraksi sendiri,” ucapnya.

Herman mengucapkan terima kasih kepada Humas DPRD yang sigap menerima dan langsung mengoreksi konten pemberitaan dimaksud.

“Berharap kedepannya bisa lebih baik dalam kerjasama mempublikasikan kegiatan Fraksi PKB khusunya dan seluruh Fraksi di DPRD,” ucapnya. (tha).

The post Sempat Melayangkan Protes Terkait Pemberitaan Humas DPRD. appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/politik/2019/09/12/sempat-melayangkan-protes-terkait-pemberitaan-humas-dprd/feed/ 0
Fraksi PKB DPRD Sumedang Siap Bekerja Mewujudkan Sumedang Simpati https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/fraksi-pkb-dprd-sumedang-siap-bekerja-mewujudkan-sumedang-simpati/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/fraksi-pkb-dprd-sumedang-siap-bekerja-mewujudkan-sumedang-simpati/#respond Wed, 11 Sep 2019 08:30:09 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2198 KOTA–Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD kabupaten Sumedang Didi Suhrowardi menyatakan seluruh anggota fraksinya siap bekerja untuk

The post Fraksi PKB DPRD Sumedang Siap Bekerja Mewujudkan Sumedang Simpati appeared first on Radar Sumedang.

]]>
KOTA–Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD kabupaten Sumedang Didi Suhrowardi menyatakan seluruh anggota fraksinya siap bekerja untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Saya tegaskan bahwa seluruh anggota fraksi PKB setelah pelantikan dan pembentukan alat kelengkapan dewan akan bekerja sebagaimana kami siapkan sewaktu pemilu lalu. Apa yang kami kerjakan sekarang adalah yang kami persiapkan jauh-jauh hari,” kata Didi, Rabu (11/9/2019) di Kantor DPC PKB Sumedang di Jalan Kutamaya No 36 Sumedang.

Terlebih saat ini, lanjut Ketua DPC PKB Sumedang ini, jumlah anggota dewan dari PKB terjadi peningkatan signifikan dari dua orang menjadi enam orang. “Dengan komposisi dewan dari PKB yang semakin banyak tentunya juga harus menjadi motivasi dan energi pendorong PKB di parlemen untuk memberikan yang terbaik, terutama fokus kami dalam peningkatan kinerja dewan baik legislasi, kontrol dan budgeting,” tandas Didi.

Atas dasar itu, dengan terbentuknya Fraksi PKB di DPRD Sumedang harus dijadikan sebagai wadah bagi kemaslahatan umat. “Nantinya dalam setiap sikap, pandangan dan solusi politik Fraksi PKB ditujukan untuk kemaslahatan umat yang tertuang dalam hasanah fikrah Kaidah Fiqhiyah,” sebut Didi.

Keberadaan Fraksi PKB juga bisa menjadi juru bicara partai berlambang bola dunia dan bintang sembilan ini dalam semua persoalan umat dan rakyat. “Bagi umat dan rakyat khusus Sumedang jangan sungkan untuk mengadukan segala permasalahan yang dihadapinya kepada kami,” imbuhnya.

The post Fraksi PKB DPRD Sumedang Siap Bekerja Mewujudkan Sumedang Simpati appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/fraksi-pkb-dprd-sumedang-siap-bekerja-mewujudkan-sumedang-simpati/feed/ 0
Ridwan Solichin Kritik Program Gubernur ‘Kekasih Juara’ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/ridwan-solichin-kritik-program-gubernur-kekasih-juara/ https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/ridwan-solichin-kritik-program-gubernur-kekasih-juara/#respond Wed, 11 Sep 2019 07:45:52 +0000 https://sumedang.radarbandung.id/?p=2196 SUMEDANG–Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) H Ridwan Solichin, S.Ip, M.Si turut mengapresiasi

The post Ridwan Solichin Kritik Program Gubernur ‘Kekasih Juara’ appeared first on Radar Sumedang.

]]>
SUMEDANG–Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) H Ridwan Solichin, S.Ip, M.Si turut mengapresiasi program mobile Kendaraan Konseling Silih Asih (Kekasih) Juara yang akan launching di Jawa Barat.

Program ini merupakan hasil adopsi program yang pernah diterapkan Ridwan Kamil saat menjabat Wali Kota Bandung sebelumnya.

“Dari sisi tujuan, kami dari Fraksi PKS mengapresiasi langkah Gubernur yang ingin meningkatkan indeks kesehatan masyarakat terutama untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan ingin memberikan pelayanan kesehatan dengan konsep jemput bola,” kata Ridwan Solichin kepada Radar Sumedang, Rabu (11/9/2019).

Hanya saja menurut anggota legislatif asal Dapil Jawa Barat XI (Sumedang Majalengka dan Subang) program tersebut tidak perlu menjadi program unggulan.

“Menurut hemat kami program seperti ini tidak perlu menjadi program unggulan. Pelayanan seperti ini lebih baik jika dikerjasamakan dengan pemerintah kota/kabupaten saja, agar penanganan lebih efektif,” saran Kang Rinso, sapaan akrabnya.

The post Ridwan Solichin Kritik Program Gubernur ‘Kekasih Juara’ appeared first on Radar Sumedang.

]]>
https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2019/09/11/ridwan-solichin-kritik-program-gubernur-kekasih-juara/feed/ 0