Sosialisasikan Kepatuhan PBPU, BPJS Kesehatan Sumedang Gandeng Kejaksaan Negeri Subang

oleh -

Sumedang – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan soal kepatuhan membayar iuran, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang menggandeng Kejaksaan Negeri Subang mengadakan sosialisasi kepatuhan pembayaran iuran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di Subang, Selasa (29/10).
Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, Kepala Kejaksaan Negeri Subang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PMPTSP dan Camat se-wilayah Kabupaten Subang.

BPJS Kesehatan mencatat bahwa terdapat ketidakpatuhan peserta mandiri di wilayah Sumedang terhadap pembayaran iuran masih sangat banyak. Oleh karenanya, BPJS Kesehatan mengajak para stakeholder lainnya untuk bersama-sama membantu untuk mendukung penyelenggaraan Program JKN-KIS dengan memberikan penjelasan kepada pemimpin daerah lewat surat edaran dari kejaksaan terkait himbauan kepada peserta pada kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri agar membayar tunggakan iuran BPJS Kesehatan dan juga membantu meningkatkan kesadaran untuk rutin membayar iuran setiap bulannya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Abdul Haris menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dengan kejaksaan dalam hal menyukseskan Program JKN-KIS. Dirinya menambahkan setelah adanya sosialisasi ini pasti aka nada tindak lanjut dari pihak BPJS Kesehatan dengan kejaksaan untuk langsung terjun ke lapangan sehingga masyarakat lebih peduli untuk membayar iurannya agar terus bisa mendapatkan pelayanan kesehatan degan mudah.

“Kami sangat mengapresiasi atas komitmen yang diberikan oleh Kejaksaan Negeri Subang dan stakeholder lainnya dalam membantu menyukseskan penyelenggaraan Program JKN-KIS. Tentu kita terus melakukan koordinasi dengan pihak lainnya untuk memberikan penjelasan kepada pemimpin daerah, terutama di wilayah Sumedang untuk mengingatkan warganya akan kepatuhan membayar iuran lewat surat edaran yang diberikan dari kejaksaan,” ujar Haris.
Haris menambahkan penyelenggaraan Program JKN-KIS memang membutuhkan banyak dukungan dari berbagai macam lini, khususnya masyarakat. Menurutnya, hadirnya Program JKN-KIS yang terbukti banyak membantu dan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat harus terus didukung dan tetap eksis agar pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyaralat banyak.

Menanggapi hal yang disampaikan Haris, Kepala Kejaksaan Negeri Subang M. Ihsan mengatakan pihaknya juga akan terus mendukung untuk memperkokoh berjalannya Program JKN-KIS. Hadirnya program tersebut sebenarnya merupakan tanggung jawab bersama untuk tetap mempertahankan penyelenggaraan Program JKN-KIS. Oleh karenanya, dirinya juga mengajak kepada seluruh stakeholder hingga masyarakat untuk terus mendorong dalam meyukseskan Program JKN-KIS.
“Kami hadir karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyelamatkan program pemerintah terkait jaminan kesehatan dan kami dari kejaksaan berusaha membantu mendorong untuk mensukseskan program ini,” ungkap Ihsan.(isl)