Ridwan Kamil Siap Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Hari Ini

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bandung, Radarsumedang.id – Terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara yang digelar Habib Rizieq Sihab beberapa waktu lalu, membuat pihak kepolisian memanggil sejumlah kepala daerah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan akan memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Jumat ini, menyusul Gubernur DKI Anies Baswedan yang telah dipanggil terlebih dulu.

Ridwan Kamil menyebut dinamika kerumunan yang tengah ramai saat ini dimulai dari kedatangan Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, lalu berlanjut ke acara pernikahan putri dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Jakarta. Kerumunan berlanjut ke peletakan batu pertama masjid di Megamendung, Bogor.

“Itu menjadi perhatian publik. Walaupun dalam kacamata saya dinamika kerumunan terjadi juga di masa sebelumnya. Ini berbarengan dengan kedatangan Habib Rizieq Shihab yang sudah lama tidak ada di tanah air,” katanya dalam keterangan pers di Gedung Sate, Bandung, Kamis (19/11).

Lanjut Ridwan Kamil, kepolisian selanjutnya memintai klarifikasi dari pemimpin wilayah atas berbagai peristiwa kerumunan acara Habib Rizieq. Menurut Ridwan Kamil situasi yang terjadi tidak bisa disamakan.

“Pak Anies sudah klarifikasi, saya terima surat juga, sama,” ucapnya.

Ridwan Kamil sendiri menilai penegakan protokol kesehatan dari sisi tata negara dan sistem kewenangan DKI dan Jabar yang jauh berbeda. Menurutnya wilayah luar Jakarta kewenangan teknis terkait acara warga ada pada kepala daerah yakni wali kota dan bupati.

“Ada ribuan kegiatan di Jawa Barat itu dikelola bupati dan wali kota. Hubungan gubernur dengan bupati wali kota itu koordinasi, lain halnya dengan polisi dan kodam yang sifatnya komando dimana laporan harus langsung,” tuturnya.