Update Korban Longsor Cimanggung, Jumlah Jasad Korban Ditemukan Menjadi 28 Orang

oleh -
Ilustrasi

RADARSUMEDANG.ID – Setelah berhasil mengangkat dua jasad korban yang tertimbun di sektor satu atau sektor rumah hajatan pada Sabtu (16/1/21) sore, tim SAR Gabungan kembali berhasil menemukan dan mengevakuasi satu korban pada Sabtu malam dilokasi yang sama.

Sehingga jumlah jasad korban yang berhasil diangkat pada pencarian hari ke 8 di lokasi tanah longsor tepatnya di perumahan pondok Daud, Dusun Bojongkondang RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kab Sumedang. berjumlah 3 (tiga) orang.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan pencarian hari ke 8 pihaknya telah berhasil mengevakuasi tiga jasad korban longsor.

“Ketiga korban yang ditemukan adalah pukul 16.55 WIB bernama Ajat Sudrajat (50), jenazah kedua bernama Abas Rohendi (27) ditemukan pada pukul 17.28 WIB, dan jenazah ketiga yang ditemukan pukul 20.10 WIB identitasnya belum diketahui,” ujar Deden.

Semua korban, kata Deden, di bawa menggunakan ambulance untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI di Puskesmas Sawah Dadap.

“Update data korban hingga hari ini jumlah korban meninggal yang ditemukan berjumlah 28 orang. Sehingga korban yang masih dalam pencarian berjumlah 12 orang,” sebutnya.

Deden mengatakan, dalam proses pencarian korban tersebut, pihaknya masih tetap menggunakan alat berat dan dikengkapi lampu penerangan karena pencarian dilakukan hingga malam hari.

“Adapun kendala yang dihadapi yaitu cuaca dan area sempit, sehingga menyulitkan alat berat untuk membuang material longsor,” ucap Deden.

Pencarian, lanjut Deden, dibagi menjadi 4 sektor yaitu sektor satu, rumah hajatan dan Lapangan Voli, Sektor dua Gedung TK, sektor tiga belakang Masjid An-Nur, dan sektor empat rumah terdampak longsoran yang pertama.

“Alat yang digunakan dalam proses pencarian ini, yaitu 4 unit excavator, 7 unit Alkon , peralatan ekstrikasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan alat pelindung diri (APD) personel,” Pungkasnya. (isl)