BPJS Kesehatan Dukung Proses Vaksinasi dan Aplikasi P-Care di Majalengka

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Sebagai langkah mendukung Pemerintah dalam proses vaksinasi kepada seluruh masyarakat, BPJS Kesehatan berkomitmen mendukung kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka di Pendopo Pemda Kabupaten Majalengka beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Rise mengatakan pihaknya siap mendukung langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka melalui aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi.

“Aplikasi (P-Care Vaksinasi) ini merupakan bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19. Aplikasi ini akan mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada Dinas Kesehatan serta fasilitas kesehatan agar saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar,” kata Rise.

Lebih lanjut Rise menjelaskan bahwa data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Rise berharap data hasil layanan vaksinasi tersebut dapat membantu Pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 dan menyukseskan Program Vaksinasi Nasional.

Dengan diberikannya vaksin Covid-19 kepada Wakil Bupati Majalengka, dan beberapa pejabat Ketua DPRD, Kajari dan para pejabat lainnya di Kabupaten Majalengka, Rise meyakini akan turut meningkatkan kepercayaan masyarakat Kabupaten Majalegka sehingga masyarakat percaya akan keamanan vaksin dan ikut serta melaksanakan vaksinasi demi terciptanya imunitas dan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Sebelumnya, Bupati Majalengka Karna Sobahi telah mengapresiasi langkah pemerintah dalam menghadirkan vaksin Covid-19 di Indonesia, khususnya di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan gerakan vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan memberantas penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 sehingga provinsi Jawa Barat dapat meminimalisir penularan khususnya di wilayah Kabupaten Majalengka.

Karna mengungkapkan bahwa berbagai upaya untuk mengendalikan dan memutus mata rantai penyakit akibat Covid-19 ini telah dilakukan oleh pihaknya mulai dari sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat sampai ke rumah-rumah yang melakukan Isolasi mandiri.

“Saya berpesan kepada tim vaksinasi Covid-19 untuk bekerja dengan penuh semangat, sabar dan disiplin sehingga kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka dapat dilaksanakan dengan baik. Dan juga kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan bersedia divaksinasi,” ucap Karna Sobahi.