BPJS Kesehatan Sumedang Gelar Rakor Dengan Pemangku Kepentingab

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Dalam rangka memastikan pelayanan kesehatan dapat berjalan optimal kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Sumedang menggelar kegiatan Forum Kemitraan Kabupaten Sumedang Tahap Pertama Tahun 2021 di Ruang Rapat Pemda Subang, Kamis (25/02).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Asep Nuroni selaku ketua forum kemitraan.

Dalam kesempatan itu Ia menuturkan bahwa Koordinasi forum kemitraan merupakan wadah untuk melakukan komunikasi secara efektif dengan para pemangku kepentingan mengenai pelaksanaan Program JKN-KIS. Melalui forum ini pula disampaikan permasalahan-permasalahan di lapangan terkait pelayanan kesehatan kepada peserta dan dibahas mengenai solusi atas permasalahan tersebut.

“Saya berharap kepada anggota forum untuk berperan aktif dalam menyampaikan pandangan untuk mengatasi persoalan yang ada demi kepentingan masyarakat Kabupaten Subang,” ucap Asep saat membuka kegiatan forum kemitraan.

Asep juga menjelaskan bahwa dengan adanya forum ini diharapkan dapat membangun hubungan kemitraan yang baik antar lembaga baik pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan maupun instansi lainnya sehingga terbentuk pemahaman yang sama terkait pelaksanaan Program JKN-KIS.

“Tujuan utama dalam forum ini adalah meningkatkan kualitas layanan kepada peserta JKN-KIS di Kabupaten Subang. Untuk itu diperlukan keterbukaan serta komitmen dari seluruh stakeholder terkait,” tandas Asep.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, Fitriana Salam menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan Program JKN-KIS selama ini. Meskipun saat ini masih ada beberapa persoalan teknis di lapangan yang perlu ditindaklanjuti bersama.

“Kami mengapresiasi langkah-langkah Pemda Kabupaten Subang untuk memperluas dan mempermudah sarana yang ada, sehingga BPJS Kesehatan mudah kerjasama serta komitmen dari seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Subang, sehingga BPJS Kesehatan mudah untuk memeperluas kepesertaan PPU dan PBPU,” ungkap Fitriana.

Fitriana berharap Pemda Subang dapat memenuhi sarana prasarana dan administrasi lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. Ia pun meyakini bahwa dengan adanya komunikasi yang baik dengan seluruh stakeholder terkait, persoalan yang ada di lapangan dapat segera teratasi.

Kegiatan koordinasi Forum kemitraan ini juga dihadiri oleh Kepala Kabupaten Subang dan Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta (P4) dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang.