Gorong-Gorong Tersumbat Material Tol, Empat Rumah Terendam

oleh -
BANJIR: Forkopimka Pamulihan melihat langsung lokasi empat rumah warga yang terendam di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan, Senin (14/1/2019)

SUMEDANG – Gorong-gorong saluran air tersumbat material proyek Tol Cisumdawu. Akibatnya, saat hujan deras, empat rumah di Dusun Cilengsar Rt 01 Rw 13 Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan terendam air.

Ketinggian air mencapai sekitar 30 cm, terjadi pada Minggu (13/01) sekitar pukul 18.00 WIB setelah wilayah itu diguyur hujan yang cukup lebat.

“Dari keterangan warga, asanya air tidak sampai naik ke rumah. Namun sekarang, karena hujannya cukup lebat, air dari pemukiman warga di atas  deras hingga terjadi seperti ini,” ujar Kades Cigendel Mulyana kepada Radar Sumedang.

Mulyana menambahkan, tersumbatnya saluran hingga air tidak mengalir secara normal. Akibat gorong-gorong tersumbat, karena adanya aktivitas Tol Cisumdawu (kantor MCC red).

“Dulunya yang sekarang dijadikan kantor MCC merupakan pesawahan dan jarang terjadi genangan. Namun semenjak sawah dibebaskan dan ditimbun tanah hingga dijadikan kantor, saluran air menjadi terhambat karena diduga gorong-gorong pembuangan air kecil,” ucapnya didampingi warga lainnya Entis.