Sukses Kerja di Jepang, Ikuti Program Pelatihan di Mirai Nusantara

oleh -
Pimpinan LPK Mirai Nusantara Endy Setiaji (kanan) didampingi Penanggungjawab Pelatihan LPK Mirai Nusantara Suhud Amarullah (kiri) berfoto bersama para peserta magang. Mereka sebagian besar berasal dari Jawa Barat dan dikontrak magang 3 tahun ke perusahaan plastik molding di Kyushu dan Aichiken Nagoya Jepang.

“Setiap asosiasi memiliki 10 perusahaan atau lebih yang siap menerima peserta magang dari Mirai Nusantara. Jadi kesempatan kerjanya semakin terbuka lebar,” beber Endy.

Dalam program pendidikan yang berlangsung 10 bulan, peserta didik selama enam bulan pertama mendapatkan pelatihan bahasa dan budaya Jepang. “Calon peseta magang juga dilatih fisik, mental dan kedisiplinan,” imbuhnya.

Pada tahap berikutnya, sambung Endy, calon peserta magang dilatih selama empat bulan untuk persiapan pemberangkatan ke Jepang. “Termasuk mengikuti tes, tujuannya agar menghasilakan peserta magang yang terampil dan profesional dalam bahasa baik lisan dan tulisan serta memiliki pemahanam akan budaya serta etos kerja, cara berpikir dan kebiasaan orang Jepang,” urai Endy.

Selama 18 tahun berkecimpung dalam pendidikan dan pelatihan peserta magang ke Jepang, Yayasan Mirai Nusantara telah banyak menerima beragam pengharagaan karena terbukti mampu menyiapkan peserta didik yang siap kerja untuk mengikuti program pemagangan di perusahan kecil dan besar di Jepang.

Di antaranya penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Workshop Pengembangan Program Pemagangan ke Luar Negeri pada 2012. Pada 2013 mendapatkan penghargaan pada Purna TKI Award 2013 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat. Kemudian pada 2018 mendapatkan penghargaan Purwa Kerja Migran Indonesia.(rik)