Mewakili Sumedang, Puskesmas Jatinangor Ikut Penilaian FKTP Tingkat Jawa Barat.

oleh -

JATINANGOR – Puskesmas Jatinangor menjadi perwakilan Puskesmas di Kabupaten Sumedang untuk mendapat predikat sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kepala Puskesmas Jatinangor drg. Amie Fitriah, M.HKes mengatakan, Indikator Puskesmas Jatinangor mewakili atau terpilih mewakili Kabupaten Sumedang lantaran sudah terakreditasi minimal Akreditasi Madya serta sudah memenuhi  standar Kesehatan di Puskesmas tersebut.

“Kebetulan Jatinangor sudah memenuhi 9 jenis tenaga yang harus ada di puskesmas wilayah perkotaan, selanjutnya harus mempunyai Lokus Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK),” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam penilaian yang dilakukan tim penilaian richeking Provinsi Jawa Barat melihat proses pelayanan perbaikan mutu dan keselamatan pasien, yang sudah dilakukan.

“Penilaian dibagi menjadi 3 kelompok kerja (Pokja) yakni pokja Administrasi Manajemen (Admen), Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),  pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UKP),” ungkapnya.

Kendati demikian, kata ia, masing-masing pokja melakukan penilaian dengan menelusuri dokumen tiap pokja. Singkron atau tidaknya mereka mengeceknya.

“Tapi yang paling penting ini bukan lomba tata graha atau pemenuhan dokumen, tapi proses perbaikan dari proses pelayanan tersebut,” ujarnya.

Ia pun berharap, melalui kegiatan tersebut sebagai bentuk motivasi untuk peningkatan pelayanan kedepanya. (tha).