Relawan Gugus Tugas Covid-19 Desa Kutamandiri Bangun Posko hingga Membuat Sarana CTPS Di Tiap Gang

oleh -

TANJUNGSARI – Upaya memutus mata rantai Covid-19. Relawan gugus tugas covid-19 di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari membuat posko relawan di beberapa dusun dan membuat Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) hingga di tiap gang.

Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menyebut pihaknya secara berkelanjutan berupaya memutus mata rantai covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun di beberapa dusun.

“Di dusun 1 warga secara mandiri membuat posko relawan bahkan membuat ruang khusus penyemprotan disinfektan dan juga sarana cuci tangan, kemudian di dusun 4 warga membuat sarana cuci tangan di setiap gang,” ujar Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana.

Kepala Puskesmas Margajaya Drg Iting Mursyidah Hanum mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terhadap relawan gugus tugas covid-19 di Desa Kutamandiri.

“Desa Kutamandiri merupakan salah satu Desa binaan Puskesmas Margajaya. Sehingga kita sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan pihak desa upaya pencegahan covid-19,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Drg Iting peran relawan gugus tugas desa waspada covid-19 diantaranya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Melaksanaan pengawasan karantina ODP dan sosial distancing di masyarakat dan penerapan PHBS ( CPTS, desinfektan, hand sanitizer, masker) serta pendataan setiap pendatang yang masuk terutama dari wilayah red zone.

“Yang tahu betul aktifitas warga seperti yang baru mudik dari zona merah di salah satu wilayah adalah di tingkat RT dan RW sehingga update pendataan serta laporan itu sangat akurat,” katanya.

Kemudian Camat Tanjungsari, Dra Ida Farida mengatakan sesuai dengan anjuran dari pemerintah di tingkat pusat maupun di kabupaten bahwa desa wajib membentuk relawan yang disebut gugus tugas covid-19.

“Kita juga secara terus-terusan untuk menghimbau sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melaksanakan sosial distancing dan juga untuk selalu menggunakan masker hal ini agar dapat memutus mata rantai covid-19,” sebutnya. (Isl)