Dukung Petani Menuju Kedaulatan Pangan

oleh -
KUNJUNGAN : Herman habibullah saat berdialog dengan petani di Desa Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung

CIMANGGUNG – Upaya mengetahui kondisi petani saat ini, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumedang, Herman Habibullah, S.Sos. berkunjung ke petani di Kampung Lemah Neundeut Desa Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung.

Herman menyampaikan tentang pertanian sehat terpadu, yaitu dengan memproduksi pupuk sendiri dengan memanfaatkan mikroorganisme dari buah buahan dan sayuran ataupun dengan pupuk kandang.

Menurutnya, saat ini yang menjadi persoalan di desa salahsatunya  Integrited Garming System, atau lahan yang sempit akibat banyaknya alih fungsi lahan produktif menjadi bangunan.

“Hal ini harus ada intervensi kebijakan dari pemerintah, pengetahuan bertani terbatas, hal ini para petani harus dibekali pengetahuan bertani bisa melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya kepada Radar Sumedang.id Senin (08/06).

Selain itu, Herman juga akan mendorong pemasaran hasil produk pertanian dan juga memastikan stabilitas harga.

“Pemerintah harus hadir di saat kondisi seperti ini, karena di tengah pandemi covid-19 para masyarakat harus mampu berdaulat pangan,” tegasnya.

Dalam akhir kunjunganya, Herman menyampaikan ada beberapa program yang bisa di integrasikan dengan Poktan, yaitu seperti bantuan bibit, pohon produktif, maupun sarana pertanian lainnya. (tha/rls).