Kapolsek Tanjungsari Resmikan Lembur Tohaga Lodaya Desa Kutamandiri

oleh -
Gunting Pita : Kapolsek Tanjungsari Kompol Deden Mulyana saat meresmikan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Kutamandiri

Radarsumedang.id – Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, dinobatkan sebagai Lembur Tohaga Lodaya pasalnya desa tersebut mampu memanfaatkan lahan pekarangan menjadi tempat budidaya sayuran dan tanaman obat keluarga ditengah pandemi Covid-19.

Bertempat di Posyandu Cut Mutia Dusun Lebakmaja Kaler RW 11 Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari. Kapolsek Tanjungsari didampingi Forkopimcam Tanjungsari meresmikan Lembur Tohaga Lodaya Desa Kutamandiri sekaligus melakukan simbolis penanaman sayuran.

“Bukan tanpa alasan, Dusun Lebakmaja Kaler RW 11 Desa Kutamandiri dipilih menjadi Lembur Tohaga Lodaya tingkat Kecamatan Tanjungsari lantaran mempunyai kelebihan dan keunggulan khususnya dibidang pertanian,” ujar Kapolsek Tanjungsari Kompol Deden Mulyana kepada radarsumedang, Rabu (15/07).

Lebih lanjut, kata Deden, warga di rw 11 Desa Kutamandiri sangat antusias bahkan mulai dari Kelompok Wanita Tani (KWT), para pemuda yang tergabung di Karang Taruna dan juga para tokoh masyarakat begitu kompak untuk bersama-sama menjadikan lahan pekarangan menjadi lahan hidup dengan ditanami tanaman sayuran dan tanaman obat-obatan.

“Sesuai arahan dari Mabes Polri, jadi ditiap kecamatan kami akan menjadi mitra sekaligus melakukan pembinaan melalui Babinkamtibmas yang ada di tiap Desa dan untuk di Kecamatan Tanjungsari ini dipilih Desa Kutamandiri untuk binaan kampung tangguh atau lembur tohaga lodaya,” sebutnya.

Selain dibidang pertanian, Kapolsek juga berharap warga di Desa Kutamandiri ini bisa meningkatkan produk ketahanan pangan melalui sektor lain seperti bidang peternakan atau juga bidang lain yang menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Kutamandiri, Caca Suryana menambahkan bahwa RW 11 diharapkan menjadi contoh bagi RW lain yang ada di Desa Kutamandiri untuk bersama-sama melakukan ketahanan pangan baik melalui bidang pertanian dan juga peternakan.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi buat warga Desa Kutamandiri untuk menjadi lebih baik dan lebih mandiri sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Ketua RW 11 Arip mengaku jika dirinya tidak menyangka Rukun Warga 11 Dusun Lebakmaja Kaler Desa Kutamandiri bakal dipilih untuk menjadi lembur tohaga lodaya.

Ia pun berterimakasih kepada pihak kepolisian khususnya Brigadir Asep Ruhiat selaku Babinkamtibmas Desa Kutamandiri yang terus melakulan pendampingan di Desa Kutamandiri.

“Jujur saja kami masih banyak kekurangan, namun Insya Allah kami akan terus konsisten untuk menjaga ketahanan pangan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti memanfaatkan lahan pekarangan dengan ditanami sayuran dan tanaman obat,” sebutnya.

Bahkan, lanjut Ia, bukan hanya persoalan menjadi kampung tangguh namun yang terpenting adalah kekompakan warga di RW 11 baik dalam kegiatan bersih-bersih ataupun kerja bakti itu bisa ditingkatkan lagi.

“Saat ini para ibu-ibu, bapa-bapa, para pemuda dan juga para tokoh beserta aparatur pemerintahan bisa bersinergi sehingga bisa seperti ini, dan inilah harapan kita,” sebutnya.(isl)