Ribuan Buruh di Sumedang Jalani Tes Swab

oleh -

CIMANGGUNG – Ribuan karyawan di Kabupaten Sumedang jalani test Swab Covid-19 yang dilaksanakan di PT. Kahatek dan di Kawasan Dwipapuri Jarum Super Jl. Raya Rancaekek, Cimanggung. Kamis (23/07).

Sasaran tes swab di PT Kahatex sebanyak 3.000 karyawan terdiri dari 1.200 Karyawan Kahatek dan 1.800 karyawan dari beberapa perusahaan lain. Sementara tes swab di kawasan Dwi Papuri dengan target sebanyak 3.000 karyawan terdiri dari 1950 orang karyawan perusahaan kawasan Dwipapuri dan 1050 orang berasal dari partisipan Industri Kab. Sumedang.

Peserta test swab Covid-19 memasang target 6000 orang berasal dari 45 perusahaan se Kab. Sumedang, terdiri dari PT. Kahatex sebanyak 1.200 orang, partisipan perusahaan sebanyak 1.800 orang dengan jumlah 9 perusahaan, kawasan industri Dwipapuri sebanyak 1.950 orang partisipan perusahaan sebanyak 1.050 orang dengan jumlah 36 perusahaan.

Secara teknis pasca pelaksanaan Test Swab Covid-19 tidak akan ada penutupan perusahaan dan bagi karyawan yang diketahui Positif Test Swab Covid-19 akan dikembalikan kepada perusahaan masing masing dengan koordinasi Tim Gugus Tugas Provinsi maupun Tim Gugus Tugas Kabupaten.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 PT Kahatex, Luddy Sutedja mengatakan lebih dari 2.000 karyawan PT Kahatex jalani pemeriksaan Swab.

“Swab test bagi karyawan PT Kahatex ini terselenggara atas kerjasama dengan Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang dilaksanakan selama sehari,” tegas Luddy kepada wartawan.

Luddy mejelaskan, dalam kegiatan tersebut sedikitnya 15 tim medis diturunkan. Tiap tim terdiri dari 3 orang petugas kesehatan yang memeriksa karyawan.

“Untuk hasil Swab test ini, akan diketahui selama satu minggu kedepan. Kita berharap hasilnya negatif semua,” ungkapnya.

Pemeriksaan Swab test secara massal tersebut juga melibatkan 300 personil pengamanan gabungan dari unsur Polres Sumedang, Satuan Brimob Polda Jabar, Kodim 0610/Sumedang, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) serta instansi terkait lainnya.