Gencar Sosialisasikan Denda Tidak Pakai Masker

oleh -
Anggota Satpol PP Jatinangor Yudi memberikan sosialisasi Perbup No.74 Tahun 2020 kepada aparat Desa Cintamulya

JATINANGOR – Upaya mensosialisasikan Perbup No.74 Tahun 2020 tentang Denda bagi warga yang tidak memakai Masker dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Jatinangor mendatangi seluruh Desa se-Kecamatan Jatinangor.

Camat Jatinangor Herry Dewantara melalui Kasi Trantib Kecamatan Jatinangor Endang Sukayat mengatakan, berdasarkan Perbub No 74 Tahun 2020 tentang tentang Denda bagi warga yang tidak memakai Masker pihaknya langsung bergerak guna mensosialisasikannya.

“Pengetahuan ini sangat penting untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat jangan sampai leha-leha menyikapi penyebaran Covid 19,” ucapnya didampingi Anggota Satpol PP Yudi kepada Radar Sumedang.

Ia menambahkan, target sasaran penerima sosialisasi tersebut para Aparatur Desa, dengan harapan dapat disampaikan kembali kepada warganya.

“Sosialisasi ini sesuai arahan dari pimpinan kami langsung terjun ke sejumlah Desa. Terutama menyampaikan terkait Perbup No 74 Tahun 2020 tentang denda bagi warga yang tidak menggunakan masker diarea publik dan akan kena sangsi dengan denda berpariatif,” tambahnya.

Selain itu, lanjut ia, ada teguran lisan dan ada juga denda dengan sejumlah uang yakni antara Rp100 ribu untuk perorangan dan Rp150 sampai Rp500 untuk pemilik atau pengelola tempat.

“Alhamdulillah dari sejumlah Desa kooperatif dengan mengumpulkan seluruh staf Desa guna mendengarkan apa yang disampaikan dan berharap aparatur Desa bisa menyampaikan kembali kepada masyarakat,” tambahnya.

Seluruh aturan tersebut, lanjut ia, mulai berlaku pada hari Sabtu 15 Agustus 2020. Sehingga masih ada waktu untuk terus mensosialisasikan sampai sebelum tanggal yang ditentukan. (tha).

oleh