Lawan Pandemi Covid 19 dengan Semangat Solidaritas

oleh -
Herman Habibullah saat memberikan motivasi kepada keluarga pasien positif Covid-19

JATINANGOR – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang cukup memprihatinkan, hal ini ditandai dengan adanya kasus penemuan warga yang terpapar semakin hari grafiknya terus menaik.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kab Sumedang  Herman Habibullah mengunjungi keluarga pasien positif Covid-19 berinisial EW warga Desa Cileles Jatinangor yang merupakan karyawan RS Al Islam.

“Pada hari Jum’at pagi, menurut informasi dari Ketua RW setempat, keluarga kedatangan pihak RS Al Islam menyampaikan hasil tes swab bahwa EW dinyatakan positif. Informasi ini diperkuat oleh tim kesehatan dalam hal ini Kepala Puskesmas Rawat Inap Jatinangor menyampaikan hasil pemantauan terhadap 5 orang yang kontak erat terhadap kasus konfirmasi positif di desa Cileles, sampai saat ini Kamis, 24 September 2020 berada dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Herman menambahkan untuk membantu menegakkan diagnosa, puskesmas juga telah melakukan tes swab terhadap kontak erat pada tanggal 21 September 2020.

“Prinsip dasar penanggulangan covid bertumpu pada penemuan kasus (suspek) dengan melakukan upaya tracing dan isolasi. Puskesmas Jatinangor selalu melakukan proses tracing/pelacakan terhadap kontak erat dengan pasien konfirmasi positif. Termasuk pada kasus konfirmasi positif di desa Cileles,” tambahnya.

Dalam kunjungannya, Anggota DPRD Dapil V yang juga asli warga Desa Cileles menyampaikan rasa simpati terhadap keluarga dan memberikan sembako untuk membantu meringankan beban keluarga selama masa isolasi mandiri.

Herman menegaskan bahwa Covid 19 ini bukan aib sehingga keluarga jangan merasa malu dan atau terpencil, ini musibah dunia bukan hanya keluarga mamang ungkapnya memberikan motivasi ke suami pasien di rumahnya.

“Mari patuhi prokes serta banyak berdoa kepada Allah SWT. Tidak ada satupun yang berdaya melawan pandemi covid 19 kecuali dengan kekuatan solidaritas diantara kita semua bahu membahu melawan/memutus mata rantai penyebarannya, dengan cara ikhtiar lahir disiplin menerapkan prokes sehari-sehari, dan ihktiar batin dengan berdoa memperbanyak sholawat thibbil qulub salah satunya,” ucapnya.

Ia berharap, semoga pasien segera disembuhkan dan kita semua senantiasa dilindungi dari wabah Covid-19 ini.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Ketua RW setempat, Plt Desa Cileles Dadang Sobirin, Anggota BPD Mirhan Nurdin, Sekcam Jatinanagor Yuli dan petugas kesehatan dari PKM Jatinangor yang telah ikut mendampingi kunjungannya,” tutupnya. (tha).

 

oleh