Cara Paling Efektif Sosialisasikan Program GenRe

oleh -

JATINANGOR – Camat Jatinangor Herry Dewantara menyerahkan sertifikat Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Forum Genre Kecamatan Jatinangor tahun 2020 yang di ikuti perwakilan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Desa. Senin (28/09).

“Hari ini kami menyerahkan sertifikat kepada Pokjayan Kecamatan Jatinangor dan PIK-R Desa yang diwakili Desa Cibeusi, Cintamulya, Cipacing dan Desa Jatimukti,” ujarnya.

Camat mengapresiasi sekali penyelenggaraan kegiatan pelatihan Pendidik sebaya dan konselor sebaya tingkat Pokjayan Kecamatan Jatinangor.
Semoga para remaja ini bisa menjadikan forum komunikasi ini semakin bersinergis untuk kemajuan yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Pokjayan Kecamatan Jatinangor Mutia mengatakan, generasi remaja yang ada di wilayah Kecamatan Jatinangor bisa menjadi Duta Genre Remaja yang mampu merencanakan kehidupan, baik dari segi Pendidikan, Ekonomi, Keluarga.

“Nantinya remaja bisa menghindari Resiko Tiga Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) yakni tidak menikah muda, tidak melakukan seks bebas, mengonsumsi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA),” ucapnya

Selain itu, kata Mutia, para remaja bisa terbebas dari HIV/AIDS dan mampu melakukan advokasi komunikasi, informasi dan edukasi.

Sementara itu, Kepala UPTD Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengendalian Penduduk wilayah Jatinangor Kabupaten Sumedang. Abah Yusuf R mengatakan untuk mengatasi permasalahan remaja ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui berbagai program yang dilaksanakan lintas institusi. Dalam hal ini BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui irogram Generasi Berencana (GenRe).

“Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan PIK-R baik Jalur Pendidikan dan Masyarakat dan pendekatan kepada orang tua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR),” ucapnya.

Disamping pendekatan pengembangan kelompok kegiatan, kata ia, program GenRe juga disosialisasikan melalui berbagai media Dalam rangka meningkatkan promosi Program GenRe, khususnya pengembangan PIK-R Jalur Pendidikan dan Jalur Masyarakat, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja.

“Figur motivator ini dapat disiapkan melalui Duta GenRe Jalur Pendidikan dan Masyarakat. Dengan peran Duta Remaja GenRe, sosialisasi Program GenRe dilingkungan dirasa lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah terhadap remaja,” tutupnya. (tha).

oleh