Sehari 20 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Satu Warga Jatinangor Meninggal

oleh -

Radarsumedang.id – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang kembali mengkonfirmasi terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 sebanyak 20 orang.

Pasalnya dalam update sebaran perkembangan Covid-19 per hari Minggu (6/12) kemarin, jumlah kasus positif melonjak hingga 61 orang dari jumlah sebelumnya per hari Sabtu (5/12) sebanyak 48 orang.

Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri membenarkan akan hal itu.

“Betul hari ini ada penambahan terkonfirmasi baru 20 orang,” kata Iwa dihubungi via sambungan WhatsApp, Minggu (6/12).

Adapun kata Iwa, lonjakan kasus positif Covid-19 ini tersebar di beberapa kecamatan seperti Sumedang Utara 2 orang, Ganeas 2 orang, Cibugel 1 orang, Tanjungkerta 1 orang, Tomo 1 orang, Wado 2 orang, Ujungjaya 5 orang, Rancakalong 3 orang, dan Sukasari 3 orang.

“Hari ini juga ada 3 orang yang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi mandiri yaitu, dari Pamulihan 1 orang dan Jatinangor 2 orang,” ucapnya.

Selain terjadi penambahan kasus positif, Iwa juga menyampaikan adanya tambahan kasus kematian akibat Covid-19 per hari Sabtu kemarin.

Diketahui, pasien SS (60) berjenis kelamin laki-laki tersebut merupakan warga Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor yang dilaporkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUD Sumedang pada Minggu (6/12) pagi.

“Betul, pasien SS tutup usia jam 04.45 WIB,” sebut Iwa.

Semula dikatakan Iwa, pasien SS masuk RSUD pada Kamis 3 Desember 2020 lalu, dengan keluhan tidak bisa mencium bau (Anosmia). “Berdasarkan hasil swab test, pasien SS terkonfirmasi positif terpapar Covid-19,” ujarnya.

Alhasil sambung Iwa, SS telah dipulasara sesuai protokol Covid-19 di RSUD Sumedang. “Almarhum SS dimakamkan di TPU Pagaden, Dusun Pamagersari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari sesuai protap Covid-19″ katanya.

Alhasil dengan melonjaknya pasien positif Covid-19 ini akumulasi jumlah kasus positif Covid-19 hingga Minggu (6/12) kemarin hampir mendekati angka 500 orang atau 490 orang.

Adapun saat ini dari 61 kasus positif Covid-19 per Minggu (6/12), 13 orang diantaranya sedang dirawat di RSUD Sumedang dan 48 orang lagi tengah menjalani isolasi mandiri.

Selain itu perlu diketahui, jumlah kontak erat mencapai 336 orang yang tersebar di beberapa kecamatan. Cimalaka dan Paseh menjadi Kecamatan dengan jumlah kontak erat paling banyak yaitu 60 orang untuk Cimalaka dan 50 orang di Kecamatan Paseh serta jumlah suspek sebanyak 16 orang.

Karenanya Satgas Covid-19 lanjut Iwa kembali menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumedang agar lebih waspada lagi. Terlebih akhir-akhir ini kasus positif Covid-19 di akhir tahun 2020 relatif meningkat.

“Semuanya harus lebih waspada dan lebih siaga. Maksimalkan upaya pencegahan dari diri kita sendiri dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, selalu cuci tangan. Tingkatkan imun dengan rajin berolahraga, makan minum yang sehat dan bergizi,” jelas Iwa. (jim)