Pemdes Jatiroke Mulai Berbenah Atasi Permasalahan Sampah

oleh -

JATINANGOR,RADARSUMEDANG.ID – Pemerintahan Desa (Pemdes) Jatiroke Kecamatan Jatinangor melakukan percobaan mesin pencacah sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di RW 01 Desa Jatiroke.

“Alhamdulillah pembangunan bangunan TPS 3R di Desa Jatiroke baru selesai dibangun, dilengkapi beberapa mesin termasuk mesin pencacah sampah, yang bisa digunakan untuk mengolah sampah,” ucap Kades Jatiroke Cuna Dinata kepada Radar Sumedang.

Cuna menambahkan, pembangunan TPS 3R itu merupakan program Citarum-Harum dengan alokasi anggaran sebesar Rp600 jutaan bersumber dari APBN.

“Pembangunan tidak sembarnagan namun terkonsep dengan baik tidak seperti tempat pembuangan akhir sampah. Intinya dengan TPS 3R ini si pengelola dan warga itu belajar banyak tentang kaitan sampah mulai dari mengurangi terus menggunakan kembali dan mendaur ulang,” tambahnya.

Melalui TPS 3R, kata ia, dapat memberikan pembelajaran pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui sumbernya dan penyerapan tenaga kerja. Pengelolaan TPS 3R nantinya akan dilakukan Kelompok Pemanfaat dan Penerima (KPP).

“TPS 3R nantinya diperuntukkan bagi 300 KK dan paling banyak 400 KK, untuk mengurangi sampah, dan apabila sukses pengelolaannya bisa ditambah pasilitas dan nambah kembali KK,” tambahnya.

Ia berharap, setelah beroperasinya tempat tersebut diharapkan masyarakat bisa menggunakan sebaik mungkin, untuk mengurangi sampah liar yang kerap terlihat diwilayah Jatiroke. (tha).