Berantas DBD Lebih Bagus PSN Daripada Fogging

oleh -
Dua orang petugas melakukan fogging atau pengasapan untuk membasmi nyamuk DBD

CIMALAKA – Dari pada melakukan fogging (pengasapan nyamuk menggunakan mesin), sebenarnya lebih bagus mengaktifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di setiap lingkungan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kasubag TU UPTD Puskesmas Cimalaka, Ida Paridaningsih dalam menanggapi tingginya permintaan fogging dari masyarakat di wilayah kesehatannya.

Diakui, saat ini pihaknya belum mampu memenuhi seluruh permintaan masyarakat yang menginginkan fogging dari UPTD Puskesmas Cimalaka. Kendala yang dihadapi saat ini, mesin fogging milik UPTD Puskesmas Cimalaka sedang mengalami kerusakan. Sehingga ketika melakukan aktivitas fogging, pihaknya mesti meminjam mesin fogging ke UPTD Puskesmas lain.

“Kita cuma punya satu unit mesin fogging, itu juga kondisinya sedang rusak. Namun kami terus berupaya untuk memenuhi permintaan masyarakat sambil terus menyampaikan sosialisasi bahwa PSN lebih bagus dari pada fogging,” papar Ida.

Di antara upaya PSN itu adalah menutup tempat penampungan air dan menguras tempat penampungan air secara rutin serta mengubur barang bekas yang potensi tergenang air (3M).

“Jangan banyak pakaian bergelantungan di dalam kamar. Membersihkan selokan sehingga air mengalir dengan lancar sampai ke hilir atau jangan sampai ada air menggenang di tempat-tempat tertentu untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk,” jelasnya seraya menambahkan, untuk mendapatkan obat abate bisa didapat secara gratis melalui para kader kesehatan dan bidan desa. (tri)