“MCS Jemput Bola Bantu Warga Desa Cijeruk Urusi Perubahan Data”

oleh -

PAMULIHAN – Sebagai salah satu tindak lanjut kegiatan ALSA Legal Coaching Ckinic 2019 bertema “mendukung posyandu sebagai fasilitas pencegahan stunting dan negara sebagai penyokong akses kesehatan masyarakat” Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan dilaksanakan di Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan.

Hal itu dikatakan Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Dwi Erdiana kepada radar sumedang.

“Alhamdulilah MCS telah dilaksanakan di Desa Cijeruk sesuai dengan permintaan dari Masyarakat, dan MCS ini merupakan kegiatan rutin dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dan informasi, terutama yang berdomisili jauh dari kantor BPJS,” ujar Dwi.

Ia mengatakan dari 98 peserta yang dilayani diantaranya paling banyak adalah pelayanan perubahan data dan sebnyak 6 pelayanan pendaftaran bayi baru lahir dari peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Untuk cijeruk sendiri sudah pernah dilaksanakan MCS, dan kita diundang kembali untuk ikut serta memberikan pelayanan, yang sebelum kegiatan MCS ini telah dilakukan pula sosialisasi kepada masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijeruk Bastaman Rudi menyambut baik adanya MCS dari BPJS Kesehatan lantaran sangat membantu masyarakat dalam pengurusan validasi data.

“Untuk kepesertaan BPJS Kesehatan di Desa Cijeruk banyak kesalahan data mulai dari kesalahan nama, kesalahan NIK dan ada juga kepesertaan baru, sehingga dengan MCS sangat membantu warga kami,” sebutnya.

Dengan mempunyai kartu BPJS Kesehatan dan di dukung data yang valid maka proses berobat masyarakat bisa dilakukan dengan tanpa halangan.

“Mudah-mudahan dengan sudah diperbaikinya data kepesertaan BPJS ini masyarakat yang berobat bisa menggunakan kartu BPJS dengan lancar,” kata Bastaman.

Kemudian, salah seorang warga Cijeruk Yanti Rohaeti mengaku dirinya datang ke MCS untuk memperbaiki data atas nama anaknya yang masih menggunakan nama Nyonya Bayi. Sementara kartu BPJS tersebut sudah tidak bisa digunakan jika tidak di rubah.

“Kebetulan saja ada pelayanan MCS di kantor Desa. Jadi kita tidak perlu bolak balik datang ke kantor BPJS Kesehatan di Sumedang kota karena jaraknya yang sangat jauh jika dari disini,” tandasnya. (Isl)