Harga Jual Anjlok, Kades Motivasi Petani

oleh -
Kades Cimarias berpoto bersama dengan petani Ubi Cilembu

PAMULIHAN – Dampak Virus Corona yang mengancam berbagai sektor salah satunya sektor Pertanian, membuat para petani Ubi Cilembu di Desa Cimarias mengeluh lantaran harga hasil panen mengalami penurunan.

Agar para petani tidak putus asa terhadap kondisi yang tidak berpihak kepada mereka, Kepala Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan memberikan support, motivasi agar para petani tetap semangat.

“Kami sengaja mendatangi petani Ubi Cilembu yang tergabung di Kelompok Tani Sauyunan Dusun Leumahneundeut, untuk mengetahui kondisi Pertanian selama Pandemi ini, ternyata sungguh disayangkan,” ucap Kades Cimarias Mamat Rohmat kepada Radar Sumedang.

Mamat mengaku, para petani mengaku sangat terkena imbas adanya korona yang berakibat anjloknya harga Ubi Cilembu mentah.

“Harga Ubi mentah yang dijual kepada Bandar atau tengkulak sekarang ini tidak bersahabat. Biasanya 1 Kg Ubi Cilembu mentah seharga Rp7 ribu perkilogram, namun sekarang hanya Rp4 ribu perkilogram,” ucap Mamat.

Padahal, kata Mamat, hasil panen Kelompok Tani Sauyunan sangat luar biasa baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Berharap kondisi tersebut cepat berlalu sehingga para petani kembali diuntungkan dengan hasil pertaniannya.

“Tadi disampaikan kapada mereka agar tetap semangat untuk terus berkarya di bidang pertanian jangan pernah menurun, terus berjuang agar suatu saat kelompok tani ini bisa lebih maju karena kelompok tani ini menjadi kelompok tani percontohan di Desa Cimarias,” tutupnya. (tha).

oleh