Tak Bermasker, Puluhan Warga Paseh Terjaring Operasi Penegakan Disiplin

oleh -

PASEH – Puluhan orang terjaring Operasi Penegakan Disiplin Pengenaan Sanksi Administrasi Perbup No 74 Tahun 2020 yang digelar Forkopimcam Paseh, Minggu (16/8/2020).

Operasi dipimpin langsung oleh Camat Paseh Beny Satriaji, dan petugas gabungan Satpol PP, anggota Koramil, dan Polsek.

Razia dilakukan di kawasan pertigaan Legok Paseh, mini market, pertokoan, dan rumah makan.

Ia mengatakan, pihaknya masih menemukan puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker, dan tidak membawa identitas.

“Operasi penegakan disiplin ini bertujuan untuk menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan protokoler kesehatan serta menindak secara administrasi kepada warga yang melanggar, dalam rangka upaya percepatan penanganana penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Paseh,” ujarnya.

Kata Camat, ada 40 orang lebih yang terjaring razia saat operasi tersebut. Namun pihaknya belum menerapkan sanksi denda kepada para pelanggar tersebut.

“Untuk sanksi denda belum ada yang kena, masih hanya teguran dan dialihkan kepada tindakan sosial, membersih sampah di area operasi, menyanyikan lagu kebangsaan, menggendong rekannya satu kendaraan yang sama2 melanggar, dan mewajibkan membeli masker di apotek terdekat,” katanya.

Sementara itu, Batibung Pos Koramil Paseh Peltu Agus menuturkan, selain melaksanakan operasi di jalan raya utama, pihaknya juga melakukan sidak ke tempat perbelanjaan yang ada di daerah Legok.

“Pengenaan sanksi administrasi tidak hanya diberikan kepada warga pengguna jalan saja, akan tetapi sanksi tersebut berlaku juga bagi seluruh warga yang melanggar protokol kesehatan, tidak pakai masker saat berkativitas di tempat-tempat perbelanjaan,” ujarnya.

Ia pun mengajak kepada semua komponen elemen masyarakat untuk bersama-sama saling membatu dalam penanganan Covid-19, dengan harapan pandemi Covid 19 cepat teratasi. (gun)