Sulit Dijangkau Mobil Damkar, Dua Rumah Warga di Pamulihan Ludes Terbakar

oleh -

Radarsumedang.id – Petugas pemadam kebakaran cukup kesulitan memadamkan api lantaran lokasi kebakaran tak bisa di jangkau oleh mobil pemadam kebakaran. Akhirnya api┬ámembakar 2 unit rumah panggung di Dusun Sukamaju Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan, Sabtu (19/9/2020) malam.

“Jarak jalan ke lokasi rumah yang kebakaran jauh, tempat kejadian dengan mobil kebakaran jaraknya 300 meter, kami sampai pakai 12 selang sekitar 300 meter,” kata anggota Damkar Sumedang, Wandi Rosandi.

Rumah yang terbakar adalah milik warga bernama Oman (80) dengan luas 77 meter persegi, yang bekerja sebagai petani. Serta rumah milik Dewi (30) seluas 72 meter persegi.

“Kami terima laporaan sekitar pukul 20.15, dan api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 22.30, laporannya agak terlambat,” kata Komandan Peleton Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Sumedang, Arifin Rachmat.

Kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik, percikan api cepat membesar lantaran bagian rumah terbuat dari bahan mudah terbakar. Namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kondisi rumah ambruk total, adapun aset yang terselamatkan ditaksir mencapai Rp 400 juta,” ucapnya.

Dikatakan, dalam kejadian itu pihaknya menerjunkan 2 unit mobil damkar dari Unit Reaksi Cepat (URC) Damkar wilayah Tanjungsari dan unit URC Bidang Damkar Satpol PP Kabupaten Sumedang, dibantu unsur TNI, Polisi, dan warga. (gun)