Kampung Tanaman Jadi Unggulan Desa Paseh Kidul

oleh -
KAMPUNG TANAMAN: Galeri tempat katalog promosi Kampung Tanaman disediakan di pinggir Jalan Raya Sumedang-Cirebon, wilayah RT 09/03, Dusun Sukamulya, Desa Pasehkidul, Kecamatan Paseh. Tri Budi Satria / Radar Sumedang

Paseh, Radarsumedang.id – Kampung Tanaman menjadi produk unggulan dalam program ‘One Village One Product’ di Desa Pasehkidul, Kecamatan Paseh. Pemerintah Desa (Pemdes) Pasehkidul bekerjasama dengan Komunitas Mekar Floris dalam mengembangkan usaha Kampung Tanaman tersebut.

Kepala Desa (Kades) Pasehkidul Lilih Mochamad Solih menerangkan, tahap awal program ‘One Village One Product’ tengah dirintis dan rencananya akan dilaunching pada sekitar satu bulan kedepan. Sedangkan galeri tempat katalog promosi Kampung Tanaman juga sudah disediakan di pinggir Jalan Raya Paseh, wilayah RT 09/03, Dusun Sukamulya.

“Galery itu sengaja disediakan di pinggir Jalan Raya Sumedang-Cirebon, wilayah Pasehkidul, agar lebih mudah mempromosikannya ke masyarakat luas,” sebut Lilih. Untuk saat ini sudah tersedia sebanyak sekitar 300 bibit tanaman dari sekitar 50 jenis yang dipajang di galeri tadi.

Pengembangan tahap selanjutnya terus diupayakan, sehingga wilayah Pasehkidul dapat menyediakan semua macam bibit tanaman mulai dari jenis obat alami, tanaman hias dan bibit pohon penghasil buah-buahan serta untuk tegakan kayu. Galeri dapat berfungsi untuk tempat promosi, sedangkan ketersediaan tanaman tersebar di beberapa titik tempat pembibitan.

Sedangkan untuk menjalankan roda bisnis, pemasarannya juga akan bekerjasama dengan BUMDes Pasehkidul. “Ya, ini rencana kita. Semua macam bibit tanaman disediakan oleh masyarakat Pasehkidul yang tergabung dalam kelompok-kelompok komunitas memiliki legalitas sehingga lebih terkoordinir,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Mekar Floris Nano Sukmana menambahkan, pihaknya terus berupaya menyediakan jenis bibit tanaman langka sekalipun. Di antara bibit tanaman langka yang sudah ada di sana adalah jenis Aloe Afrika, kantil merah lokal, buni kraton dan sirih kraton. “Usaha ini untuk peningkatan ekonomi keluarga dalam pemanfaatan halaman di pekarangan rumah,” tandas Nano. (tri)